You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Tim Penilai Lomba Jakarta Gotong Royong Kunjungi Kelurahan Pulau Panggang
.
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Tim Penilai Lomba Jakarta Gotong Royong Kunjungi Kelurahan Pulau Panggang

Tim Penilai Lomba Jakarta Gotong Royong melakukan peninjauan langsung ke Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu.

Animo dan partisipasi masyarakat yang tinggi 

Kepala Bidang Lingkungan Hidup dan Ruang Terbuka Hijau Dinas LH DKI Jakarta, Silvana Tarigan mengatakan, kunjungan dan monitoring hari ini bertujuan melakukan penilaian terhadap tiga aspek yakni, partispasi warga, kebersihan lingkungan, dan keasrian.

"Hari ini kita melihat animo dan partisipasi masyarakat yang tinggi untuk membersihkan lingkungan Jakarta, khususnya di Kepulauan Seribu," ujarnya, Jumat (26/1).

Tim Penilaian Lomba Gotong Royong Tinjau BPS RW di Cikini

Ia menambahkan, Tim Penilai Lomba Jakarta Gotong Royong yang datang terdiri dari perwakilan Biro Pembangunan dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Biro Pemerintahan DKI Jakarta, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sumber Daya Air, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, serta Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta.

Menurutnya, upaya menjaga kebersihan lingkungan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tapi perlu peran serta aktif dari masyarakat.

"Saya mengapresiasi Lurah Pulau Panggang yang mampu menggerakkan aparat dan warganya menjaga kebersihan. Semoga budaya seperti ini tetap dipertahankan karena Pulau Seribu ini destinasi wisata yang harus dijaga kebersihan, keindahan, dan keasriannya," ucap Silviana.

Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Muhammad Fadjar Churniawan menyambut baik kunjungan Tim Penilai Lomba Jakarta Gotong Royong Tingkat Provinsi.

"Penilaian ini menjadi tindak la jut dari Instruksi Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 100 Tahun 2023 tentang Lomba Gotong Royong Lingkungan Asri Kota Lestari," terangnya.

Fadjar menjelaskan, gotong royong merupakan kegiatan positif untuk menjaga keharmonisan, persatuan, dan kekompakan warga. Terlebih, masyarakat Kepulauan Seribu memiliki karakteristik paternalistik sehingga lekat dengan sangat gotong royong.

"Total warga yang berpartisipasi mencapai sekitar 3.000 orang terdiri dari berbagai elemen dan unsur masyarakat maupun pemerintah. Bahkan, pelajar di sini juga diajak kerja bakti sebagai bagian edukasi menjaga kebersihan sejak usia dini," bebernya.

Sementara itu, Ketua RW 05, Kelurahan Pulau Panggang, Sairan mengaku kerja bakti biasa rutin dilakukan setiap hari Jumat karena di akhir pekan banyak wisatawan yang datang.

"Kami sangat optimistis Kelurahan Pulau Panggang bisa menang karena gotong royong sudah menjadi kebiasaan kami sehari-hari," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jakarta Dominan Cerah Berawan Hari Ini

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2685 personAnita Karyati
  2. Realisasi Investasi DKI Jakarta Kian Melejit di Tahun 2024

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2492 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Pengunjung Padati Taman Margasatwa Ragunan

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2365 personTiyo Surya Sakti
  4. Perbaikan Turap PHB Galunggung di Cengkareng Timur Rampung

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2362 personTP Moan Simanjuntak
  5. Serunya Murid Raudhatul Athfal Senam Bersama di Kantor Wali Kota Jakbar

    access_time11-05-2024 remove_red_eye2237 personTP Moan Simanjuntak