You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Walikota Resmikan Gedung Baru Bank Sampah Karya Peduli
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Gedung Baru Bank Sampah Karya Peduli Diresmikan

Walikota Jakarta Utara, Rustam Effendi meresmikan gedung baru Bank Sampah Karya Peduli RW 09 Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Minggu (2/8). Diharapkan, dengan adanya bank sampah tersebut jumlah sampah di Jakarta Utara berkurang hingga 30 persen.

Kita targetkan di akhir tahun 2015 nanti, jumlah bank sampah di Jakarta Utara bisa mencapai 100 dan terus bertambah di setiap tahunnya

Dikatakan Rustam, saat ini Jakarta Utara baru memiliki 24 bank sampah. Sedangkan setiap harinya jumlah sampah di Jakarta Utara mencapai 1.360 ton. "Kita targetkan di akhir tahun 2015 nanti, jumlah bank sampah di Jakarta Utara bisa mencapai 100 dan terus bertambah di setiap tahunnya sehingga masing-masing RW memiliki bank sampah," kata Rustam, Minggu (2/8).

Rustam juga mengajak warga untuk konsisten melakukan aksi pemilahan sampah sehingga Jakarta Utara bisa terbebas dari sampah yang menumpuk dan berserakan.

Isnawa Adji Siap Bersihkan Jakarta dari Sampah

"Penanganan sampah yang konsisten itu langsung dari sumbernya seperti dari rumah tangga, pabrik, hotel dan lain-lain. Pemilahan sampah basah dan kering secara efektif kemudian diolah menjadi pupuk dan hasil daur ulang mampu mengurangi jumlah sampah," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Rustam meninjau pengoperasian mesin olahan plastik, pembuatan pupuk dan pelaksanaan pengobatan gratis.

Ketua RW 09 Semper Barat, yang juga pengelola Bank Sampah Karya Peduli, Nanang Suwardi mengatakan, bank sampah merupakan solusi alternatif pengelolaan sampah. Menurutnya, partisipasi perusahaan melalui program CSR dirasakan sangat membantu untuk memajukan pengelolaan Bank Sampah Karya Peduli.

"Semua unsur bersinergi dan peduli terhadap kebersihan lingkungan. Apalagi pak Walikota sangat mendukung dalam aksi pemilahan sampah yang dilakukan anak-anak sekolah mulai dari rumahnya dan dibawa kesekolah untuk diolah," tutur Nanang.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1222 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1117 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1047 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye933 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye893 personAldi Geri Lumban Tobing