Bank DKI Raih ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu
Bank DKI menunjukkan komitmen peningkatan kualitas tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi audit internal dengan berhasil meraih Sertifikasi ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu oleh TUV Nord Indonesia.
Bank DKI telah menerapkan standar internasional pada fungsi esensial audit internal
Sertifikat tersebut diserahkan oleh Kepala Badan Sertifikasi PT TUV Nord Indonesia, Donny Moehardono kepada Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono.
“Raihan Sertifikasi ISO 9001:2015 yang berarti Bank DKI telah menerapkan standar internasional pada fungsi esensial audit internal serta mencerminkan dedikasi dan kerja keras kolektif dari tim Manajemen dan segenap insan karyawan Bank DKI dalam upaya meningkatkan kualitas operasional Perseroan, khususnya sistem audit internal," ujar Amirul, Rabu (6/3).
Bank DKI Raih Penghargaan ESG Recognized CommitmentAmirul optimistis bahwa keberhasilan ini akan memberikan dampak positif pada peningkatan produktivitas dan kinerja operasional perseroan secara keseluruhan.
“Melalui standar manajemen mutu audit internal yang tinggi, Bank DKI akan semakin mampu memberikan layanan terbaik dan memperkuat posisinya di industri perbankan secara regional maupun nasional,” katanya.
Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menyampaikan, diterimanya Sertifikasi ISO 9001:2015 tidak hanya menegaskan kualitas manajemen mutu audit internal Bank DKI, tetapi juga mengindikasikan kesiapan perseroan menghadapi tantangan dan perubahan dinamis dalam industri perbankan. Dia menambahkan, hal ini juga merupakan langkah positif dalam membangun kepercayaan nasabah dan pemangku kepentingan.
“Dengan mengacu pada prinsip-prinsip ISO 9001:2015, Bank DKI telah menetapkan komitmen jangka panjang untuk menjalankan operasional Perseroan berlandaskan prinsip transparansi, integritas, dan fokus pada kepuasan pelanggan,” ungkap Arie.
Sebagai informasi, Sertifikasi ISO 9001:2015 merupakan salah satu kerangka kerja standar yang diakui secara global untuk manajemen mutu yang penilaiannya dilandaskan pada tujuh prinsip di antaranya Customer Focus (Fokus pada pelanggan), Leadership (Kepemimpinan), Engagement of People (Keterlibatan sumber daya manusia), Process Approach (Pendekatan proses).
Prinsip lainnya yakni, Improvement (Peningkatan secara terus menerus), Evidence-Based Decision Making (Pengambilan keputusan berdasarkan data dan fakta) dan Relationship Management (Manajemen hubungan dengan stakeholder).
Diterimanya ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu Audit Internal ini juga menambah deretan sertifikasi berstandar internasional yang diterima dan dipertahankan oleh Bank DKI yakni, Sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan, ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa, ISO 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi pada Penyediaan Layanan Super Apps JakOne Mobile, ISO 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi pada IT Helpdesk Services dan ISO 31000:2018 Sistem Manajemen Risiko.