You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Dinas LH Luncurkan Gerakan Gunakan Ulang Kantong Spunbond
.
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Dinas LH Luncurkan Gerakan Gunakan Ulang Kantong Spunbond

Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta meluncurkan Gerakan Gunakan Ulang Kantong Spunbond di Pasar Rakyat dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024.

Gunakan kantong spunbond berulang kali sampai rusak

Gerakan ini diluncurkan di Pasar Koja Baru, Jakarta Utara, Rabu (6/3). Pasar ini dipilih karena bisa mengolah sampah secara mandiri.

Gerakan ini juga diikuti oleh seluruh Wali Kota/Bupati di wilayahnya masing-masing se-Jakarta untuk menguatkan kembali Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan dan Pasar Rakyat.

DKI - Cities4Forests Perkuat Komitmen Aksi Iklim Kota Jakarta Berbasis Alam

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, gerakan ini merupakan upaya untuk menggaungkan pengurangan sampah di sumber, khususnya di pasar tradisional.

"Pergub Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan harus dimasifkan ke seluruh masyarakat. Salah satu upayanya adalah dengan gerakan ini," ungkap Asep.

Dia menyampaikan, penggunaan plastik sekali pakai telah dilarang di semua pusat perbelanjaan, toko swalayan dan pasar rakyat di Jakarta. Maka itu warga diajak menggunakan kantong spunbond untuk dipakai berulang kali, jangan sekali pakai.

"Gunakan kantong spunbond berulang kali sampai rusak dan kumpulkan kembali kantong spunbond yang sudah tidak terpakai dan menumpuk di rumah kepada petugas DLH,” kata Asep.

Asep menjelaskan, kantong spunbond dibuat dengan cara melelehkan serat plastik (biasanya polipropilen), kemudian ditiupkan dan dibaringkan hingga membentuk lembaran seperti kain.

"Spunbond terbuat dari plastik, yang membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai secara alami di lingkungan. Jika pemakaiannya tidak diguna ulang maka sama saja dengan kantong plastik sekali pakai,” ucap Asep.

Dia mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta telah menyediakan Spunbox atau tempat penyimpanan kantong spunbond guna ulang di seluruh Kantor Lurah dan Camat, hingga di berbagai pasar di Jakarta. Warga dapat mengambil kantong spunbond seperlunya di Spunbox tersebut jika lupa membawa kantong belanja dari rumah.

Asep menyebut, pihaknya juga telah membuat panduan praktis pengumpulan dan pengelolaan spunbond guna ulang. Nantinya, warga dapat menyetorkan kantong spunbond yang sudah tidak terpakai ke Bank Sampah, BPS RW atau Satpel LH Kecamatan terdekat.

"Satpel LH di masing-masing kecamatan akan menyortir dan memastikan kebersihan dan higienitas kantong spunbond sebelum didistribusikan kembali ke pasar-pasar Perumda Pasar Jaya," kata Asep.

Dia memastikan kantong spunbond guna ulang yang ada di Spunbox di pasar-pasar tersebut terjamin kebersihan dan higienitasnya.

"Dan siap dipakai untuk berbelanja di Pasar," kata Asep.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Dietplastik Indonesia, Tiza Mafira mengapresiasi diluncurkannya Gerakan Guna Ulang Kantong Spunbound di pasar tradisional. Dia menilai, kantong dari jenis apapun akan menjadi masalah lingkungan apabila masih bersifat sekali pakai.

Maka itu, inisiatif dropbox dan spunbox yang sudah ada di lima kota administratif DKI Jakarta ini mendorong masyarakat untuk bisa terus menerapkan gaya hidup yang paling ramah lingkungan yaitu gaya hidup guna ulang.

“Masyarakat dapat memaksimalkan fasilitas ini dengan mendonasikan serta meminjam dan mengembalikan kantong belanja guna ulang yang sudah disediakan sehingga kantong belanja yang sudah ada bisa digunakan berulang kali," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Ceceran Oli di Jl I Gusti Ngurah Rai

    access_time30-04-2024 remove_red_eye3690 personNurito
  2. Pembangunan LRT Fase 1B Alami Deviasi Positif

    access_time27-04-2024 remove_red_eye3271 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Derai Hujan Berintensitas Ringan Hingga Sedang Guyur Jakarta Hari Ini

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2711 personFolmer
  4. Kader PKK Taman Sari Panen 10 Kilogram Kangkung dan Bayam

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2663 personTP Moan Simanjuntak
  5. Komisi Informasi Apresiasi KPU DKI Sosialisasikan Tahapan Pilkada 2024

    access_time27-04-2024 remove_red_eye2592 personFolmer