You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 BPBD Gelar Trauma Healing Penyintas Kebakaran di KBU
.
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Penyintas Kebakaran di Palmerah Dapatkan Layanan Trauma Healing

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaksanakan kegiatan trauma healing bagi anak-anak dan orang dewasa penyintas kebakaran di Jalan Kota Bambu Raya, RT 13 dan 14, RW 03, Kelurahan Kota Bambu Utara, Kecamatan Palmerah.

Kegiatan trauma healing dilakukan untuk memulihkan psikologis anak-anak dan orang dewasa

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD DKI Jakarta, Mohammad Ridwan Ibrahim mengatakan, kegiatan layanan psikososial atau trauma healing pada penyintas kebakaran di wilayah tersebut dilakukan di Masjid Al Ikhlasul Karim yang merupakan tempat pengungsian. Kegiatan dibagi dua yakni di lantai satu untuk orang dewasa dan lantai dua untuk anak-anak.

"Kegiatan trauma healing dilakukan untuk memulihkan psikologis anak-anak dan orang dewasa yang dialami warga usai peristiwa kebakaran," ujar Mohammad Ridwan, Senin (18/3).

BPBD DKI Berikan Trauma Healing Anak-anak Penyintas Kebakaran Pisangan Timur

Layanan trauma healing bagi anak-anak diikuti sebanyak 20 peserta dengan menyajikan program Abang Monas, “ayo kumpulkan mainan untuk mereka penyintas". Dalam kegiatan, anak-anak dibagikan boneka dan berbagai jenis mainan. Kemudian diajak bermain, mewarnai gambar, joget dan bernyanyi.

Sedangkan untuk orang dewasa diikuti sebanyak 25 peserta, layanan trauma healing yang diberikan dengan cara relaksasi psikologis, yaitu mengajak bicara, curhat dan lain sebagainya sehingga diharapkan dapat mengurangi beban pikiran dan perasaan di tengah permasalahan yang  dihadapi.

"Selain itu juga diadakan layanan relaksasi fisik untuk yang capek, lelah dan lainnya diurut oleh tim dari BPBD. Dengan kegiatan ini diharapkan sedikit demi sedikit dapat melupakan kejadian-kejadian yang mereka alami dan mengurangi stres," ucapnya.

Firmansyah Putra(10), penyintas kebakaran warga RT 13/03 mengaku senang dengan adanya kegiatan tersebut. Sebab, selain dapat berkumpul dan bermain bersama dengan teman-teman  juga dapat mainan yang diberikan oleh BPBD DKI Jakarta.

"Saya senang karena dengan kegiatan ini membuat saya lupa dengan kejadian kebakaran,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran hebat terjadi di Jalan Kota Bambu Raya, RT 13 dan 14 RW 03, Kelurahan Kota Bambu Utara, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, Minggu (17/3), sekitar pukul 02.30 WIB. Akibat peristiwa kebakaran itu, sebanyak 63 Kepala Keluarga (KK) atau 190 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. 45 Personel Gulkarmat Jaksel Berhasil Padamkan Kebakaran di Lenteng Agung

    access_time22-04-2024 remove_red_eye5586 personTiyo Surya Sakti
  2. Derai Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time21-04-2024 remove_red_eye2886 personFolmer
  3. Pasar Murah di Kelurahan Pasar Minggu Diserbu Warga

    access_time24-04-2024 remove_red_eye2651 personTiyo Surya Sakti
  4. Sembilan Kendaraan Ditindak di Kembangan

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2595 personTP Moan Simanjuntak
  5. Pengelola Terminal Kampung Rambutan Lakukan Pembinaan Sopir Taksi Offline

    access_time22-04-2024 remove_red_eye2533 personNurito