You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pj Gubernur Heru Imbau Lebih Selektif Tentukan Program Prioritas
.
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Buka Musrenbang Jakarta Timur, Pj Gubernur Heru Imbau Selektif Tentukan Program Prioritas

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Jakarta Timur 2024 untuk Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2025 di Kantor Wali Kota Jakarta Timur.

Karena itu, kita harus selektif dalam mengusulkan program prioritas

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Heru mengimbau agar masyarakat lebih selektif dalam mengusulkan program prioritas dikarenakan kondisi global yang tidak menentu dan akan berimbas pada Indonesia, termasuk Provinsi DKI Jakarta.

“Dengan kondisi global saat ini, kita harus waspada dalam menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2025. Karena itu, kita harus selektif dalam mengusulkan program prioritas di Musrenbang yang akan dituangkan dalam RKPD tahun 2025. Saya berterima kasih sejak dari tingkat kelurahan, kecamatan, hingga tingkat kota, Musrenbang Jakarta Timur sudah selektif terhadap program yang sangat dibutuhkan dan prioritas bagi masyarakat,” ujar Pj Gubernur Heru, dalam Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta, Jumat (22/3).

Pj Gubernur Heru Harapkan Musrenbang Jakarta Pusat dapat Wujudkan Kota Global

Pj Gubernur Heru mengatakan, adanya prediksi perlambatan pertumbuhan ekonomi global sebesar tiga persen pada tahun 2023, serta terjadinya penurunan inflasi global dari dampak ketegangan politik kawasan yang masih berlanjut dapat mengganggu rantai pasokan dan meningkatkan harga pangan dan energi di berbagai belahan dunia.

Adanya konflik di Laut Merah juga mengakibatkan terkendalanya jalur distribusi ekspor kendaraan dan bagiannya yang mengakibatkan kenaikan biaya transportasi. Selain itu, konflik Rusia-Ukraina yang belum selesai menyebabkan komoditas ekspor utama Jakarta seperti lemak dan minyak hewani nabati, berbagai produk kimia, serta kendaraan dan bagiannya mengalami penyesuaian.

“Untuk mengantisipasi itu, kita tidak putus memberikan sembako murah kepada masyarakat. Mudah-mudahan kita masih bertahan dengan tidak adanya PHK karena terhambatnya ekspor akibat konflik Laut Merah dan Rusia-Ukraina,” jelasnya.

Selektivitas program yang diusulkan dalam Musrenbang harus berpedoman dengan tema RKPD tahun 2025, yaitu akselerasi pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Maka, arah kebijakan prioritas pembangunan pada tahun 2025 adalah untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, infrastruktur berkualitas, serta ekonomi inklusif yang berkelanjutan. Untuk mewujudkan Jakarta sebagai Kota Global yang berketahanan, inklusif, berdaya saing, dan berkelanjutan, ada empat isu utama yang harus diperhatikan dalam Musrenbang, yaitu peningkatan kualitas lingkungan dan infrastruktur kota, akselerasi pertumbuhan ekonomi, tata kelola pemerintahan yang adaptif, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pj Gubernur Heru memaparkan, salah satu program prioritas yang harus terus dilanjutkan pada 2025 adalah penanganan banjir di Jakarta Timur. Meski titik-titik banjir di wilayah tersebut sudah berkurang, dengan terus terjadinya penurunan permukaan tanah maka perlu dibangun sistem polder dan embung. Ia juga mendukung Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur untuk membangun sumur resapan yang dapat digunakan sebagai wilayah tangkapan air untuk meminimalisasi terjadinya banjir.

“Di wilayah Jakarta Timur, banjir sudah agak berkurang. Namun di area tertentu masih banjir karena kita melihat penurunan permukaan tanah yang terus berlangsung. Maka sudah seharusnya di sejumlah titik ada sistem polder dan membuat embung. Terima kasih Forkopimda Jakarta Timur terus bersemangat membuat embung. Sehingga air bisa diparkir sementara di embung-embung Jakarta Timur dan bisa mengurangi beban wilayah Jakarta Utara karena dihambat dulu di sini,” tuturnya.

Lebih lanjut, Pj Gubernur Heru memastikan stok pangan di Jakarta dalam kondisi aman. Karena sejak Desember 2023, ia sudah meminta tiga BUMD DKI yang bergerak di ketahanan pangan yaitu PT Food Station Tjipinang Jaya, Perumda Dharma Jaya, dan Perumda Pasar Jaya untuk melakukan safety stok menjadi tiga kali lipat. Hal ini berdampak terjadinya tren penurunan harga beras.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Timur M Anwar mengatakan, prioritas pembangunan di wilayahnya pada tahun 2025 di antaranya penataan koridor Jalan Raya Pondok Gede karena kerap terjadi kemacetan lalu lintas, sehingga membuat jalur transportasi  tidak aman dan pejalan kaki tidak nyaman. Kemudian peningkatan UMKM dengan memperluasan jangkauan pasar, serta pemanfaatan waduk sebagai upaya peningkatan ketahanan pangan.

“Kami juga mengusulkan kegiatan yang memerlukan dukungan dari tingkat Provinsi DKI Jakarta seperti penurunan stunting lintas sektor, normalisasi kali yang merupakan kewenangan pemerintah pusat agar diserahkan ke Dinas Sumber Daya Air, pompa-pompa yang ada di wilayah strategis di Cipinang diserahkan ke kita, revitalisasi Terminal Pinang Ranti, pembangunan Puskesmas Kelurahan Pondok Kelapa, pembangunan gedung SMP di Kelurahan Pulo Gadung dan Kelurahan Makassar,” tandas Anwar.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye8839 personNurito
  2. Cuaca Jakarta Hari Ini Berawan Hingga Diguyur Hujan

    access_time14-04-2024 remove_red_eye5278 personAnita Karyati
  3. Pengunjung TMR Manfaatkan Layanan Kesehatan PMI Jakarta Selatan

    access_time14-04-2024 remove_red_eye4901 personTiyo Surya Sakti
  4. 1.033 Pemudik Tiba di Terminal Terpadu Pulogebang

    access_time14-04-2024 remove_red_eye4565 personNurito
  5. Wisatawan dan Warga di Kepulauan Seribu Dihibur Musik Kreatif Ruang Publik

    access_time14-04-2024 remove_red_eye4356 personAnita Karyati