You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dishub Siapkan Terminal Utama dan Pendukung Layani Pemudik Saat Masa Angkutan Lebaran Tahun Ini
.
photo Mochamad Tresna Suheryanto - Beritajakarta.id

Dishub Siapkan Terminal Utama dan Bantuan untuk Layanan Mudik

Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan empat terminal utama dan tiga terminal bantuan untuk melayani masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

Maka kami sediakan terminal bantuan

Terminal utama yakni Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres, Terminal Tanjung Priok dan Terminal Terpadu Pulogebang. Sementara terminal bantuan yaitu Terminal Muara Angke, Terminal Lebak Bulus dan Terminal Grogol.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, terminal bantuan menjadi penyangga terminal utama. Tujuannya, mengurai penumpukan penumpang maupun bus-bus AKAP di terminal utama, sehingga tidak menimbulkan kemacetan atau kesemrawutan di satu lokasi.

Ini Daftar Kota dan Kabupaten Tujuan Program Mudik Gratis Pemprov DKI

“Misalnya, bus-bus yang harusnya melalui Terminal Kalideres tapi karena di sana penuh maka busnya dialihkan. Jika bus tetap memaksa masuk ke Kalideres akan terjadi antrean di luar itu maka mengakibatkan kemacetan di sepanjang ruas Jalan Daan Mogot. Maka kami sediakan terminal bantuan sehingga penumpang yang mudik bisa pulang ke kampung halaman, kita yang di sini tidak terjebak kemacetan karena menumpuknya bus di satu titik,” ujar Syafrin, Senin (1/4).

Ia menyampaikan, selain terminal, sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung di terminal utama maupun bantuan juga sudah disiapkan di antaranya petugas penguji yang melaksanakan ramp check atau pemeriksaan inspeksi keselamatan setiap bus yang akan diberangkatkan.

Paralel dengan itu, sambungnya, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta juga menyiagakan petugas kesehatan untuk melakukan pemeriksaan serta tes bebas narkoba dan minuman keras/beralkohol.

“Diharapkan pada saat bus akan diberangkatkan semua dalam kondisi siap, bus laik jalan, persyaratan administrasi terpenuhi, sumber daya manusia yang mengemudikan juga memenuhi syarat kesehatan,” kata Syafrin.

Ia menambahkan, Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah menyiapkan 2.250 bus AKAP dari 152 PO yang ada di Jakarta untuk melayani pemudik di masa angkutan Lebaran tahun ini. Selain itu, sebanyak 150 bus cadangan juga disiagakan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

“Ketika penumpangnya melonjak kemudian bus reguler tidak mampu, maka bus cadangan akan didatangkan untuk memberangkatkan para penumpang. Kami harapkan di terminal nantinya tidak ada jumlah penumpang yang menunggu itu melebihi 12 jam. Jika lebih dari 12 jam harus diberangkatkan bus bantuan,” tandas Syafrin.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye10785 personNurito
  2. 165 Pemudik Manfaatkan Layanan Kesehatan Posko PMI Jakarta Utara

    access_time16-04-2024 remove_red_eye4527 personAnita Karyati
  3. Sudin Kesehatan Jakbar Layani Pemeriksaan Kesehatan 165 Awak Bus

    access_time16-04-2024 remove_red_eye4526 personTP Moan Simanjuntak
  4. BMKG Prediksi Jaksel dan Jaktim Diguyur Hujan

    access_time16-04-2024 remove_red_eye4516 personAnita Karyati
  5. Puskesmas Duren Sawit Layani 300 Pasien Tiap Hari Selama Libur Lebaran

    access_time16-04-2024 remove_red_eye4273 personNurito