You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
500 Murid SDN 07 Sunter Agung Diedukasi Pemilahan Sampah
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

500 Pelajar SDN 07 Sunter Agung Diedukasi Pemilahan Sampah

Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Utara bekerjasama dengan Yayasan Lion Indonesia (Lions Club) mengedukasi 500 peserta didik di SD Negeri 07 Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok diedukasi tentang pemilahan dan pemanfaatan sampah.

P entingnya pemilahan sampah

Kepala Suku Dinas LH Jakarta Utara, Edy Mulyanto mengatakan  kegiatan kolaborasi ini dalam rangka pembentukan agen perubahan di lingkungan sekolah yang terus digencarkan oleh Lions Club dalam program "Lions Go To School" bersama Suku Dinas Lingkungan Hidup.

"Kegiatan ini diikuti pelajar mulai dari kelas IV sampai V. Mereka kita berikan bimbingan dan pengertian akan pentingnya pemilahan sampah sebelum dimasukkan ke dalam tempat sampah," ujarnya, Jumat (26/4).

271 Peserta Ikut Kampanye Pilah Sampah di Sunter Jaya

Edy menjelaskan, pemahaman yang diberikan tentang jenis sampah meliputi, sampah organik, non-organik, dan reduksi. Pemilahan sampah dilakukan agar dapat memudahkan saat akan diolah kembali, utamanya yang menghasilkan nilai ekonomis.

Selain itu, pemilahan sampah dilakukan agar dapat menghindari terjadinya penumpukan sampah. Sebab, sampah yang menumpuk bisa menjadi sarang kuman dan bakteri yang merupakan penyebab utama penyakit.

Penyuluhan ini, imbuhnya, bukan hanya edukasi, tetapi mengajak mereka untuk peduli terhadap lingkungan sekaligus edukasi barang yang tidak terpakai menjadi sirkulasi ekonomi.

"Mereka bukan sekedar memilah atau mengumpulkan, tapi mereka belajar dalam berusaha dan berbisnis dari sampah yang bernilai ekonomi," ungkapnya.

Menurutnya, dalam kegiatan ini Suku Dinas LH Jakarta Utara bersama Lions Club juga memberikan bantuan mountrash dropbox dan tong sampah terpilah tiga warna.

Diharapkan, kegiatan ini dapat mencetak anak-anak sebagai agen perubahan. Pasalnya, sekolah dasar menjadi wadah yang tepat untuk melahirkan agen-agen perubahan di masa yang akan datang.

"Semoga program ini dapat berkelanjutan atau aksi kebiasaan baik ini dapat terus ada di sekolah sebagai agen perubahan. Semoga mereka bisa menularkannya kepada adik-adiknya, temannya, orang tua dan masyarakat luas," harapnya.

Sementara itu, salah seorang guru SDN 07 Sunter Agung, Intan menyampaikan rasa terima kasih kepada Lions Club dan Suku Dinas LH yang telah memilih sekolahnya sebagai lokasi penyuluhan pilah sampah.

"Kegiatan ini sangat bagus. Kami juga sudah ajarkan kepada murid untuk mengurangi sampah di sekolah dengan membawa botol minum dan tempat makan dari rumah," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye6854 personNurito
  2. Lebaran Betawi di Agro Cilangkap Berlangsung Meriah

    access_time04-05-2024 remove_red_eye3271 personNurito
  3. PT JIEP Bakal Bangun Masjid, Salah Satu yang Terbesar di Jakarta Timur

    access_time03-05-2024 remove_red_eye3269 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Yuk, Nobar Timnas versus Irak di Monas

    access_time02-05-2024 remove_red_eye3192 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. BMKG Prediksi Hari Ini Jakarta Dominan Berawan

    access_time03-05-2024 remove_red_eye2815 personAnita Karyati