You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
DKJ Gelar Sayembara Film, Sastra dan Teater Tahun Ini
....
photo Folmer - Beritajakarta.id

Dewan Kesenian Jakarta Kembali Gelar Sayembara Film, Sastra dan Teater

Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) kembali menyelenggarakan sayembara dari tiga komite tahun 2024, yakni Film, Sastra, dan Teater.

mendorong lahirnya generasi baru penulis naskah drama, kritikus sastra dan film

Pengumuman sayembara telah dibuka sejak tanggal 30 Maret 2024 melalui kanal sosial media DKJ yang ditujukan kepada pegiat kesenian, mahasiswa dan masyarakat umum untuk menuangkan pemikiran, analisis, dan karya kreatif di bidang film, sastra, dan teater.

Ketua DKJ, Bambang Prihadi mengatakan, penyelenggaraan ketiga sayembara yang diinisiasi DKJ sejak tahun 1970-an merupakan tradisi menjaga dan menumbuhkan ekosistem pemikiran di bidang kesenian, khususnya sastra, teater, dan film.

Komite Musik DKJ Adakan Diskusi Publik tentang Pembiayaan Berbasis Kekayaan Intelektual

"Sayembara digelar untuk mendorong lahirnya generasi baru penulis naskah drama, kritikus sastra dan film. Lebih dari itu adalah bagian dari strategi DKJ untuk memperkuat ekosistem kesenian di Indonesia," ujar Bambang Prihadi, Selasa (21/5).

Ia memaparkan, sayembara kritik sastra yang baru diadakan dua kali pada tahun 2024 mengambil tema, ‘Satirisme A.A. Navis’. Tema ini dipilih dalam rangka merayakan peringatan 100 tahun A.A. Navis.

"Kali ini, DKJ bekerja sama dengan Badan Bahasa Kemendikbudristek, Komite Sastra berniat mengangkat ketokohan A.A. Navis yang melalui karya-karyanya mampu menghadirkan nuansa lokal Minangkabau yang kuat sambil menggambarkan dilema dan tantangan yang dihadapi manusia secara universal," paparnya.

Sementara Ketua Komite Sastra DKJ, Anton Kurnia menjelaskan, sayembara kritik sastra yang terus dirawat oleh Dewan Kesenian Jakarta ini penting untuk menyemai telaah kritis dan jernih terhadap karya sastra, khususnya karya A.S Navis, sebagai salah satu tonggak satirisme dalam sastra Indonesia.

“Sayembara Kritik Sastra bertemakan ‘Satirisme A.A. Navis’ akan memungkinkan peneliti, kritikus, dan pembaca untuk lebih memahami pesan-pesan mendalam yang terkandung demi mengapresiasi pemikiran yang berharga bagi bangsa Indonesia," jelasnya.

Sementara Ketua Komite Film DKJ, Sugar Nadia menjelaskan, sayembara kedua yakni kritik film digelar guna memberikan ruang kepada para kritikus dan pengamat film Indonesia untuk menuangkan gagasan.

“Sayembara kritik film digelar bertujuan menemukan kritikus film berbakat, sebagai ajang penulis baru dan kembalinya penulis lama untuk menampilkan kemampuan analitis dan berinteraksi dengan profesional di bidang perfilman,” ucapnya.

Sementara, Ketua Komite Teater DKJ, Agus Setiawan menambahkan, sayembara naskah teater digelar dalam rangka  kelanjutan dari pentingnya kepenulisan naskah dalam menciptakaj pertunjukan sebagai sesuatu yang mandiri.

"Dengan sayembara ini diharapkan ekosistem teater sendiri dapat terjaga dan membuahkan para penulis baru di masa depan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2072 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1185 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1051 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Afriza Achmad Bagaskara, Atlet Muda Jakarta Peraih Emas Layar PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye775 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Cabor Layar Jakarta Raih Emas Pertamanya di PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye767 personAldi Geri Lumban Tobing