You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemkab Kepulauan Seribu Gelar FGD Food Security
.
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Pemkab Kepulauan Seribu Bertekad Jaga Ketahanan Pangan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) yang mengusung tema "Mewujudkan Food Security" di Ruang Penyu, Gedung Mitra Praja Sunter, Jakarta Utara.

Diperlukan solusi kreatif dan berkel anjutan

Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi mengatakan, kegiatan ini sebagai langkah nyata maupun inisiatif dari komitmen pemerintah untuk memastikan semua warga Kepulauan Seribu memiliki akses yang memadai serta berkelanjutan terhadap makanan yang sehat bergizi.

"Agenda kali ini bertujuan membahas serta meningkatkan ketahanan dan keamanan pangan di Kepulauan Seribu. Sebab, Kepulauan Seribu memiliki potensi untuk menjadi contoh keberlanjutan dalam produksi dan distribusi pangan," ujarnya, Selasa (28/5).

Dinas Parekraf Gelar FGD Strategi Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Junaedi menjelaskan, wilayah Kepulauan Seribu memiliki kerentanan geografis karena terdiri dari banyak pulau kecil. Sehingga, transportasi logistik menjadi salah satu hambatan utama dalam distribusi pangan.

"Untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan solusi kreatif dan berkelanjutan seperti penggunaan kapal pengangkut barang yang efisien dan pengembangan jaringan distribusi lokal," ungkapnya.

Menurutnya, ketahanan ekologis Kepulauan Seribu yang mempunyai lingkungan alam yang unik dan beragam perlu mendapatkan perhatian.

"Kita perlu terus mempromosikan pertanian berkelanjutan dan memperkuat upaya konservasi lingkungan untuk melindungi keanekaragaman hayati serta memastikan ketersediaan pangan jangka panjang," bebernya

Ia menambahkan, sebagai upaya menjaga ketahanan pangan, saat ini terus digencarkan pengembangan urban farming di lingkungan warga. Kemudian, lahan pertanian di Pulau Tidung Kecil dijadikan percontohan dan uji coba untuk menanam pohon sukun yang hasilnya bisa mendukung ketahanan pangan.

Ia berharap, semua pihak terkait dapat berkomitmen secara bersama-sama dan menjadikan ketahanan pangan sebagai prioritas utama dalam agenda pembangunan dengan kerja keras, kreativitas, dan kerja sama yang kokoh.

"Terima kasih atas dukungan semua pihak yang berkomitmen mewujudkan Kepulauan Seribu sebagai contoh yang gemilang dalam ketahanan pangan," ucapnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional, Nyoto Suwignyo menambahkan, food security telah menjadi isu yang semakin mendapat banyak perhatian.

"Masyarakat di dunia ini perlu adanya jaminan pada akses yang cukup untuk jumlah makanan dengan kualitas yang baik, aman, serta bergizi demi terjaganya pertumbuhan, hidup aktif dan sehat," paparnya.

Ia menilai, melihat keanekaragaman sumber daya alam yang ada, wilayah Kepulauan Seribu mampu menjadi ladang ketahan pangan untuk wilayah DKI Jakarta.

Namun demikian, menjaga ketahan pangan ini perlu adanya sinergitas antara pemerintah, masyarakat, sektor swasta, dan lembaga internasional.

"Kita perlu menciptakan solusi yang berkelanjutan dan terpadu untuk meningkatkan ketahanan pangan Kepulauan Seribu itu sendiri," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Naik MRT, Transjakarta dan LRT Jakarta Hanya Rp1 pada Hari Pelantikan Presiden

    access_time18-10-2024 remove_red_eye3784 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Simak! Ini Rekayasa Lalu Lintas saat Pelantikan Presiden 20 Oktober

    access_time18-10-2024 remove_red_eye1480 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Selama Peparnas XVII, Bus Sekolah Layani 801 Penumpang

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1329 personNurito
  4. Kebakaran di Jalan Kemang Timur Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time17-10-2024 remove_red_eye1256 personTiyo Surya Sakti
  5. Festival Literasi Jakarta 2024, Dorong Budaya Baca dan Bentuk Generasi Emas

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1023 personAldi Geri Lumban Tobing