You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas KPKP dan Abituren Akmil Gandeng Pelajar SMPN 270
....
photo Nugroho Sejati - Beritajakarta.id

Dinas KPKP dan Abituren Akmil Gandeng Pelajar SMPN 270 Galakkan Urban Farming

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menggandeng Abituren Akademi Militer (Akmil) 2014 melaksanakan Gerakan Jakarta Menanam untuk Ketahanan Pangan di SMPN 270 di Kelurahan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (31/5).

Nantinya bisa dijadikan agro eduwisata untuk pengembangannya

Sebanyak 30 murid didampingi kepala sekolah dan sejumlah tenaga tenaga pengajar melakukan penanaman pohon cabai dan aneka buah-buahan di lahan kosong samping gedung sekolah.

Kepala Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka pengembangan pertanian perkotaan (urban farming) memanfatkan ketersediaan lahan di Jakarta.

Camat Duren Sawit Pimpin Panen Melon Kirani di Klender

Menurutnya, lahan yang digunakan untuk pertanian perkotaan ini dapat dikembangkan menjadi wahana Agro Eduwisata ke depannya, untuk mengenalkan urban farming sejak dini seperti aneka jenis tanaman dan cara menanam pada murid yang berkunjung.

“Nantinya bisa dijadikan agro eduwisata untuk pengembangannya, agar anak-anak kita di sini bisa belajar pertanian, melakukan aktivitas outdoor. Ini adalah satu hal yang sangat istimewa,” ujar Eli.

Ia menyampaikan, kegiatan pertanian perkotaan ini dapat membangkitkan semangat belajar berkebun para murid SMPN 270 Jakarta serta memberikan pemahaman cinta lingkungan dan upaya menghijaukan Jakarta.

“Sebagai stimulan kami memberikan 80 cabai kemudian beberapa paket bantuan yaitu bibit sayuran dan buah-buahan serta sarana prasaran lainnya. Apabila dalam perkembangan SMPN 720 memerlukan pendampingan dan bantuan lainnya terkait urban farming dapat menghubungi Dinas KPKP atau Sudin KPKP Jakarta Utara,” kata Eli.

Perwakilan Abituren Akademi Militer 2014, Kapten Infantri Muhammad Dodi mengatakan, kegiatan menanam pohon bersama Dinas KPKP DKI Jakarta dan murid SMPN 270 Jakarta ini merupakan bagian dari Bakti Sosial atas rasa syukur telah berdinas selama 10 tahun.

Ia menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini untuk menumbuhkan rasa cinta anak usia dini kepada lingkungan sekaligus mendukung program ketahanan pangan yang diusung oleh Kepala Staf Angkaran Darat, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dan Pemprov DKI Jakarta.

Dodi menilai, semakin banyak pohon atau tanaman juga akan berkontribusi pada peningkatan kualitas udara di Jakarta.

“Ini bermanfaat sehingga adik-adik ke depan belajar dan memahami bahwa ketahanan pangan perlu ke depannya. Kita sebagai negara yang besar harus punya ketahanan pangannya sendiri. Semoga adik-adik dapat membawa ilmu yang bermanfaat ini dan menerapkannya di rumah masing-masing manfaatkan lahan kosong yang tersedia,” tandas Dodi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Hujan Ringan Berpotensi Guyur Sebagian Jakarta Siang Ini

    access_time26-06-2024 remove_red_eye974 personAnita Karyati
  2. Dinas Kominfotik - KPU DKI Kerja Sama Publikasi Tahapan Pilkada

    access_time24-06-2024 remove_red_eye913 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye861 personFolmer
  4. Putra Putri Pelajar Indonesia Dikenalkan Urban Farming Jakarta

    access_time25-06-2024 remove_red_eye818 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Puluhan Siswa SDIT Al-Mughni Diwisuda

    access_time23-06-2024 remove_red_eye780 personBudhi Firmansyah Surapati