You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
DKPKP bersama Sudin KPKP Monitoring Rooftop Hidroponik di Mako Paspampres
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Dinas KPKP Monitoring Urban Farming di Mako Paspampres Jl Tanah Abang III

Keberadaan urban farming atap gedung (rooftop) Markas Komando (Mako) Paspampres di Jalan Tanah Abang III, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, menjadi salah satu lokasi urban farming yang menarik perhatian banyak pihak di Jakarta Pusat. Bahkan, Rooftop Paspampres ini juga berpartisipasi dalam Lomba Foto Rooftop Garden 2021 yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta.

Ini salah satu contoh pemanfaatan ruang kosong di lingkungan perkantoran untuk membudidaya tanaman hidroponik

Kepala Sub Koordinator Urusan Pertanian Perkotaan Dinas KPKP DKI Jakarta, Taufik Yulianto mengatakan, Rooftop Garden Paspampres yang ditanami ratusan tanaman secara hidroponik ini terbukti berkontribusi dalam ketersediaan pangan untuk lingkungan sekitar.

"Ini salah satu contoh pemanfaatan ruang kosong di lingkungan perkantoran untuk membudidaya tanaman hidroponik. Kami akan terus melakukan pendampingan dan mendukung binaan kita dalam kegiatan pertanian," ujar Taufik saat melakukan monitoring di Rooftop Garden Mako Paspampres, Kamis (6/1).

Lomba Foto Rooftop Garden Disambut Antusias

Dikatakan Taufik, kunjungan jajarannya ke Rooftop Garden Mako Paspampres juga untuk melihat langsung pembibitan tanaman yang telah ditanam dan tumbuh dengan baik menggunakan sistem hidroponik sekaligus terkait keikutsertaan Rooftop Paspampres dalam Lomba Foto Rooftop Garden 2021.

Kepala Sudin KPKP Jakarta Pusat, Penty Yunesi Pudyastuti menambahkan, selama dua bulan ini, pihaknya telah memberikan pembinaan budidaya tanaman hingga pemasaran serta menyerahkan bantuan benih.

"Di Jakarta Pusat setidaknya terdapat 148 titik lokasi urban farming dan Rooftop Garden Paspampres ini menjadi salah satu contoh sukses lokasi pertanian," katanya.

Sementara itu, salah satu pegiat urban farming di Rooftop Garden Mako Paspampres, Serda Triyono mengungkapkan, saat ini sudah seluas 200 meter lahan rooftop yang telah dipasangi 14 rak hidroponik atau sekitar 700 lubang tanam. Tak hanya tanaman kangkung, di rooftop ini juga dapat dijumpai tanaman anggur, melon, dan jeruk. Ia mengaku dari kegiatan ini telah diperoleh keuntungan mencapai Rp 7 juta per bulan dari hasil pemasaran tanaman hidroponik tersebut.

"Total luas lahan 400 meter persegi tapi yang aktif baru 200 meter persegi. Dengan bimbingan dari Dinas KPKP maupun Sudin KPKP Jakarta Pusat kami terus belajar untuk menjadi kebun hidroponik terbesar di Jakarta," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Personel Gabungan Tangani Genangan di Cibubur

    access_time18-04-2024 remove_red_eye7222 personNurito
  2. Warga dan Wisatawan Padati Bazar dan Wahana Hiburan di Pulau Kelapa

    access_time13-04-2024 remove_red_eye5266 personAnita Karyati
  3. Korsleting Listrik Diduga Jadi Penyebab Kebakaran Toko di Pekayon

    access_time13-04-2024 remove_red_eye5025 personNurito
  4. Pedagang Bunga Tabur di TPU Tanah Kusir Raup Rejeki

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4891 personTiyo Surya Sakti
  5. Hujan Basahi Jakarta Hari Ini

    access_time13-04-2024 remove_red_eye4887 personAnita Karyati