You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Camat Duren Sawit Pimpin Panen Melon di Klender
....
photo Nurito - Beritajakarta.id

Camat Duren Sawit Pimpin Panen Melon Kirani di Klender

Sebanyak 100 buah Melon Kirani, Kamis (30/5), dipanen di lahan pertanian milik Kelompok Tani Swara Hijau Farm, Jalan Kampung Sumur RT 07/10 Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur. Panen dipimpin Camat Duren Sawi, Kelik Sutanto.

Proses penanaman hingga panen buah Melon ini memakan waktu 71 hari

Kelik mengatakan, sangat mendukung aktivitas urban farming Poktan Swara Hijau Farm karena membantu program ketahanan pangan, sekaligus menggerakkan roda perekonomian masyarakat sekitar.

"Melon Kirani ini memiliki rasa yang lezat, sehingga perlu dibudidayakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

104 Kilogram Bawang Merah Dipanen di Bantaran KBT

Kasatpel Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Duren Sawit, Siti Halimah menjelaskan, Poktan Swara Hijau Farm ini merupakan binaan dari unit yang dipimpinnya. Dia mengaku, selalu melakukan pendampingan dalam bercocok tanam buah Melon ini.

"Kita akan terus lakukan pembinaan terhadap kelompok tani yang ada di Duren Sawit. Sehingga program pertanian perkotaan akan tetap berjalan dan semakin meningkat demi kesejahteraan masyarakat," tutur Halimah.

Sementara , Ketua Poktan Swara Hijau  Farm Endang Muntarja mengungkapkan, ada 100 buah Melon Kirani yang dipanen hari ni. Masing-masing beratnya sekitar 0,8 hingga satu kilogram.

Menurut Endang, hasil panen dijual ke customer dengan harga Rp 40 ribu per kilogram dan uangnya untuk operasional poktan.

"Proses penanaman hingga panen buah Melon ini memakan waktu 71 hari. Ini sudah panen yang ke delapan kalinya," ungkap Endang.

Menurutnya, aktivitas urban farming Poktan Swara Hijau Farm menggunakan dua green house yang luas lahannya masing-masing 50 meter persegi dan 132 meter persegi. 

Namun, jelas Endang, dari green house yang luasnya 132 meter persegi, baru 65 meter persegi yang dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian.

"Selain Melon, kita juga menanam Selada Keriting, Pakcoy, Cabai dan jenis sayuran lainnya," tandas Endang.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Hujan Ringan Berpotensi Guyur Sebagian Jakarta Siang Ini

    access_time26-06-2024 remove_red_eye1196 personAnita Karyati
  2. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1043 personFolmer
  3. Putra Putri Pelajar Indonesia Dikenalkan Urban Farming Jakarta

    access_time25-06-2024 remove_red_eye974 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye967 personAnita Karyati
  5. Ancol Hadirkan Beragam Acara Seru di Momen Libur Sekolah

    access_time26-06-2024 remove_red_eye795 personAldi Geri Lumban Tobing