You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tim Verifikasi Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Tinjau Sunter Jaya
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Tim Verifikasi Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Tinjau Sunter Jaya

Tim verifikasi lapangan Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi DKI Jakarta melakukan peninjauan lapangan ke Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Tujuan kegiatan ini untuk melihat secara langsung dan memverifikasi administrasi beberapa unggulan pada setiap sektor.

Kunjungan ini untuk mengecek langsung administrasi yang sudah diunggah

Ketua Sub Kelompok Penataan dan Pengembangan Wilayah Biro Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Irwantho mengatakan,  penilaian lomba ini mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. Dalam penilaian terdapat tiga tahapan yang dimulai dari administrasi, klarifikasi lapangan dan penilaian pemaparan.

"Kunjungan ini untuk mengecek langsung administrasi yang sudah diunggah dan juga inovasi-inovasi yang ada di wilayah tersebut," kata Irwantho Senin (3/5).

Dua Kelurahan Jalani Penilaian Lomba Tingkat Kabupaten Kepulauan Seribu

Ia menjelaskan, penelitian ini terbagi menjadi beberapa bidang yang meliputi kewilayahan, pemerintahan, kemasyarakatan dan program prioritas pemerintah seperti penanganan kemiskinan ekstrem, stunting dan penataan kawasan.

"Tim penilai klarifikasi lapangan hari ini berjumlah 21 juri terdiri dari 20 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan satu TP PKK," ucapnya.

Irwantho mengapresiasi Sunter Jaya karena pemberdayaan masyarakat di wilayah tersebut sudah baik. Misalnya, terdapat Sekolah Lansia Nirmala, pengembangan UKM, penurunan angka stunting serta banyak kegiatan lainnya yang bervariasi dan inovatif.  

"Mudah-mudahan dengan lomba ini dapat memberikan motivasi untuk tiap kelurahan. Bahkan sebagai sarana publikasi terhadap capaian positif," harapnya.

Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Utara, Abdul Khalit menegaskan, Kelurahan Sunter Jaya ditunjuk mewakili kota ini karena pergerakan masyarakat di wilayah tersebut sangat luar biasa. Bukan hanya dari jajaran kelurahan,  tetapi semua masyarakat dan stakeholder juga ikut bergotong royong.

"Kami merasa pergerakan masyarakat di Sunter Jaya ini sangat aktif dan saling bahu-membahu. Sehingga tepat atau layak untuk lanjut lomba ke tingkat provinsi," tuturnya.

Menurutnya, keunggulan Kelurahan Sunter Jaya sangat banyak. Ada beberapa titik lokasi yang dikunjungi tim juri verifikasi lapangan, antara lain RPTRA Nirmala, RPTRA Pulo Besar, Bank Sampah dan Rumah Composter  RW 01, Wayang Golek di RW 13, Lovely Garden, Kantor RW 10, serta penataan kawasan di RW 06 dan 07.

"Kami harap Kelurahan Sunter Jaya kembali mengukir prestasi. Target kami Jakarta Utara meraih prestasi pada Lomba Kelurahan Nasional Regional Tiga," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Jaksel dan Jaktim Diprakirakan Hujan Hari Ini

    access_time30-06-2024 remove_red_eye1126 personFolmer
  2. Jakbar dan Jaksel Bakal Diguyur Hujan Sore Ini

    access_time29-06-2024 remove_red_eye1049 personAnita Karyati
  3. Satgas LH Angkut 56 Ton Sampah dari Kawasan Monas

    access_time02-07-2024 remove_red_eye1018 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Beritajakarta Dapat Penghargaan pada ASEAN+ Youth Environmental Action 2024

    access_time29-06-2024 remove_red_eye851 personNurito
  5. Parkir Liar di Jalan Senopati Ditindak

    access_time02-07-2024 remove_red_eye821 personTiyo Surya Sakti