You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Drajot Marah Tugu Proklamasi Tak Terawat
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Djarot Kecewa Tugu Proklamasi Tak Terawat

Beragam kegiatan menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-70 di Jakarta akan dipusatkan di kawasan Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat. Namun sayangnya kondisi areal bekas kediaman proklamator Bung Karno tersebut minim perawatan.

Ini kenapa hanya segini tingginya ? Berapa tinggi tiang bendera secara nasional kan 17 meter

Hal ini diketahui saat Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat berkeliling sekitar Tugu Proklamasi, Jumat (7/8). Taman tersebut tampak kumuh dan kotor. Bahkan tiang bendera yang mestinya memiliki tinggi 17 meter, ternyata hanya setinggi 10 meter.

“Ini kenapa hanya segini tingginya ? Berapa tinggi tiang bendera secara nasional kan 17 meter ,” tanya Djarot kepada Walikota Jakarta Pusat Mangara Pardede dan Kepala UP Monas Rini Hariani.

Jelang HUT RI, Kawasan Tugu Proklamasi Dipercantik

Djarot memprotes tiang bendera di Tugu Proklamasi yang hanya sekitar 10 meter. Namun pertanyaan mantan Walikota Blitar ini tidak bisa dijawab oleh Mangara maupun Rini. Sontak Djarot langsung menghubungi telepon seluler Kepala Biro Umum, Agustino Darmawan, tapi tidak diangkat.

Djarot kemudian menghubungi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI, Ratiyono. “Saya tidak mau tahu ya pak, bagaimana pun juga saya minta ini (tiang bendera) harus segera diganti, Paling lambat tanggal 12 Agustus, tiang bendera setinggi 17 meter sesuai standar nasional terbuat dari bahan stainless stell sudah terpasang di Tugu Proklamasi,” pinta Djarot.

Ratiyono pun menjawab,"Siap Pak, segera saya akan koordinasi dengan bagian umum untuk mengganti tiang benderanya."

Selain pergantian tiang bendera, Djarot juga mengomentari belum terpasangnya sejumlah ornamen kemerdekaan diantaranya bendera ataupun umbul-umbul yang menyemarakkan Hari Kemerdekaan.

Djarot meminta seluruh kawasan Tugu Proklamasi sudah bersih, rapih dan dilengkapi dengan ornamen merah putih pada Minggu (9/8). “Kenapa saya minta kawasan Tugu Proklamasi dirapihkan serta dipasangi ornamen merah putih? Tujuannya agar kawasan ini dikenal oleh semua orang, bahwa di tempat inilah diproklamirkan kemerdekaan RI. Tadi malam saya keliling dan merasa kok belum ada ya nuansa bahwa sebentar lagi umur kita 70 tahun,” paparnya.

Saat hendak pulang, Djarot pun memperhatikan kondisi kemarik lantai yang retak dan saluran air yang berbau. "Tolong ya Pak Mangara segera dibenahi ini," tambahnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Langit Jakarta Cerah di Pagi Hari

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2985 personAnita Karyati
  2. 9.000 Lebih Wisatawan Kunjungi TMII

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2932 personNurito
  3. KI-Bawaslu DKI Bersinergi Sukseskan Pilkada Jakarta

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2916 personAnita Karyati
  4. Perbaikan Jalan YRS III Tuntas

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2870 personTiyo Surya Sakti
  5. Kasatpol PP: Pemasangan Alat Peraga Harus Sesuai Perda

    access_time10-05-2024 remove_red_eye2674 personAldi Geri Lumban Tobing