You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Puluhan Hewan Kurban Didistribusikan ke Pulau Pemukiman
.
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Pemkab Kepulauan Seribu Distribusikan 32 Hewan Kurban ke Pulau Permukiman

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu mendistribusikan hewan kurban terdiri dari 21 sapi dan 11 kambing atau domba ke 11 pulau permukiman.

Didistribusikan sesuai ketentuan penerima

Puluhan hewan kurban ini diberangkatkan menggunakan dua kapal tradisional, dari Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (14/6).

Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi merinci, sebanyak tiga ekor sapi akan didistribusikan ke Pulau Pramuka, satu sapi ke Pulau Untung Jawa, dan masing-masing dua ekor sapi ke Pulau Panggang, Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua, Pulau Lancang, Pulau Payung, dan Pulau Sebira.

PT Astra Internasional Serahkan Bantuan 222 Hewan Kurban Melalui Pemkot Jakut

"Selain sapi, ada juga empat ekor kambing atau domba didistribusikan ke Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung dua ekor, Pulau Pari dan Pulau Kelapa masing-masing satu ekor, dan tiga ekor di Pulau Kelapa Dua," ujar Junaedi.

Junaedi, hewan kurban tersebut merupakan bantuan dari berbagai pihak diantaranya dari Baznas (Bazis) DKI Jakarta, PT Bank DKI, corporate social responsibility (CSR) perusahaan swasta, organisasi kemasyarakatan, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kepulauan Seribu.

"Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mau peduli dan mempercayakan hewan kurbannya untuk warga Kepulauan Seribu. Hewan kurban ini kita didistribusikan sesuai ketentuan penerima atau yang berhak," ungkapnya.

Ia menambahkan, di Kantor Transit Pemkab Kepulauan Seribu, Gedung Mitra Praja, Sunter, Jakarta Utara juga akan dilakukan pemotongan dua sapi dan dua kambing kurban.

"Daging kurban ini akan dibagikan untuk Penyediaan Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) dan mustahik di sekitar lingkungan Kantor Mitra Praja," terangnya.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kepulauan Seribu, Nurliati menuturkan, semua hewan kurban yang distribusikan dipastikan dalam kondisi sehat dan sesuai syariat Islam.

"Sesampainya di pulau tujuan akan kembali dilakukan pemeriksaan lanjutan hewan kurban itu," ucapnya.

Ia menegaskan, selain pemeriksaan hewan kurban di Dermaga Muara Angke, pihaknya juga melaksanakan pemeriksaan di dermaga-dermaga lainnya untuk memastikan hewan kurban yang masuk ke Kepulauan Seribu sesuai persyaratan dan kondisi baik.

"Alhamdulillah, sejauh ini kami belum menemukan hewan yang terinfeksi penyakit maupun di bawah umur. Saat Hari Raya Idul Adha kami akan kembali melakukan pemeriksaan sekaligus monitor pemotongan hewan kurban di tiap pulau," bebernya.

Sementara itu, Lurah Pulau Untung Jawa, Sidartawan, mengucapkan terima kasih atas bantuan hewan kurban dari Pemkab Kepulauan Seribu dan CSR untuk warganya.

"Hari ini kami menerima empat sapi dan kambing. Semoga ini bisa membantu dan menghadirkan kebahagiaan bagi mustahik di sini," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1213 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1035 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye818 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye769 personBudhi Firmansyah Surapati