You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Puluhan Hewan Kurban Didistribusikan ke Pulau Pemukiman
.
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Pemkab Kepulauan Seribu Distribusikan 32 Hewan Kurban ke Pulau Permukiman

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu mendistribusikan hewan kurban terdiri dari 21 sapi dan 11 kambing atau domba ke 11 pulau permukiman.

Didistribusikan sesuai ketentuan penerima

Puluhan hewan kurban ini diberangkatkan menggunakan dua kapal tradisional, dari Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (14/6).

Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi merinci, sebanyak tiga ekor sapi akan didistribusikan ke Pulau Pramuka, satu sapi ke Pulau Untung Jawa, dan masing-masing dua ekor sapi ke Pulau Panggang, Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua, Pulau Lancang, Pulau Payung, dan Pulau Sebira.

PT Astra Internasional Serahkan Bantuan 222 Hewan Kurban Melalui Pemkot Jakut

"Selain sapi, ada juga empat ekor kambing atau domba didistribusikan ke Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung dua ekor, Pulau Pari dan Pulau Kelapa masing-masing satu ekor, dan tiga ekor di Pulau Kelapa Dua," ujar Junaedi.

Junaedi, hewan kurban tersebut merupakan bantuan dari berbagai pihak diantaranya dari Baznas (Bazis) DKI Jakarta, PT Bank DKI, corporate social responsibility (CSR) perusahaan swasta, organisasi kemasyarakatan, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kepulauan Seribu.

"Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mau peduli dan mempercayakan hewan kurbannya untuk warga Kepulauan Seribu. Hewan kurban ini kita didistribusikan sesuai ketentuan penerima atau yang berhak," ungkapnya.

Ia menambahkan, di Kantor Transit Pemkab Kepulauan Seribu, Gedung Mitra Praja, Sunter, Jakarta Utara juga akan dilakukan pemotongan dua sapi dan dua kambing kurban.

"Daging kurban ini akan dibagikan untuk Penyediaan Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) dan mustahik di sekitar lingkungan Kantor Mitra Praja," terangnya.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kepulauan Seribu, Nurliati menuturkan, semua hewan kurban yang distribusikan dipastikan dalam kondisi sehat dan sesuai syariat Islam.

"Sesampainya di pulau tujuan akan kembali dilakukan pemeriksaan lanjutan hewan kurban itu," ucapnya.

Ia menegaskan, selain pemeriksaan hewan kurban di Dermaga Muara Angke, pihaknya juga melaksanakan pemeriksaan di dermaga-dermaga lainnya untuk memastikan hewan kurban yang masuk ke Kepulauan Seribu sesuai persyaratan dan kondisi baik.

"Alhamdulillah, sejauh ini kami belum menemukan hewan yang terinfeksi penyakit maupun di bawah umur. Saat Hari Raya Idul Adha kami akan kembali melakukan pemeriksaan sekaligus monitor pemotongan hewan kurban di tiap pulau," bebernya.

Sementara itu, Lurah Pulau Untung Jawa, Sidartawan, mengucapkan terima kasih atas bantuan hewan kurban dari Pemkab Kepulauan Seribu dan CSR untuk warganya.

"Hari ini kami menerima empat sapi dan kambing. Semoga ini bisa membantu dan menghadirkan kebahagiaan bagi mustahik di sini," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Anwar Resmikan Jembatan Penghubung RPTRA Rawa Binong

    access_time16-07-2024 remove_red_eye1357 personNurito
  2. Akhir Pekan Langit Jakarta Cerah

    access_time13-07-2024 remove_red_eye1278 personNurito
  3. Langit Cerah Selimuti Jakarta Malam Ini

    access_time14-07-2024 remove_red_eye1037 personFolmer
  4. Halte Velodrome Ditutup Sementara, Transjakarta Sediakan Bus Setop

    access_time15-07-2024 remove_red_eye988 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Faza dan Callysta Dinobatkan Sebagai Abnon Jakpus 2024

    access_time13-07-2024 remove_red_eye924 personBudhi Firmansyah Surapati