You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
uang_ilustrasi_ok.jpg
....
photo doc - Beritajakarta.id

Target Penyerapan APBD DKI Tetap 97 Persen

Meski pada tahun sebelumnya meleset dari target awal, penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2014 tetap ditargetkan hingga 97 persen. Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pun diminta untuk memaksimalkan penyerapan dengan mengevaluasi semua program yang telah dijalankan pada tahun sebelumnya. Selain itu, semua program kegiatan diminta untuk dilaksanakan lebih awal.

Tahun ini tetap sama targetnya hingga 97 persen

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mengatakan, target penyerapan tetap sama seperti tahun sebelumnya yakni mencapai 97 persen. SKPD diingatkan untuk menggunakan anggaran semaksimal mungkin. Terlebih APBD 2014 melonjak tajam hingga Rp 72 triliun. "Tahun ini tetap sama targetnya hingga 97 persen," kata Jokowi, di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (11/4).

Jokowi sendiri sempat kesal dengan penyerapan APBD 2013 yang meleset dari target yakni hanya 83 persen dari total anggaran Rp 51 triliun. Sehingga para SKPD diminta untuk mengevaluasi program yang ada sehingga bisa memaksimalkan penyerapan tahun ini. "Realisasi APBD tahun ini harus lebih baik dari tahun 2013," tegas Jokowi.

Jadi Capres, Jokowi Tetap Fokus Pembangunan Jakarta

Dari catatan Jokowi, hingga 8 April, penyerapan belanja baru mencapai 4,56 persen. Angka tersebut hampir sama dengan penyerapan pada periode yang sama tahun sebelumnya. Namun untuk total nilai jumlahnya berbeda, karena anggaran tahun ini lebih besar. "Ini mirip-mirip dengan tahun lalu, tapi kan sekarang totalnya lebih besar," ujarnya.

Agar bisa memaksimalkan penyerapan, SKPD diminta untuk segera menjalankan program yang ada. Selain itu, dievaluasi kembali kegiatan yang tidak dapat dijalankan sehingga bisa dimasukan dalam APBD perubahan. Tujuannya untuk menekan angka Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa). "Harus segera bergerak, APBD dimulai seawal mungkin. Jangan diulangi lagi dikerjakan semuanya di akhir tahun," tegasnya lagi.

Menurut Jokowi, dengan kegiatan dilakukan lebih awal juga agar kualitas pekerjaan lebih baik dan tidak terburu-buru. Pasalnya selama ini, semua pekerjaan selalu dilakukan mendekati akhir tahun dan terkesan terburu-buru. Hasilnya pun dikhawatirkan tidak maksimal, karena pekerjaan fisik justru dikerjakan saat musim penghujan.

"Kalau dikerjakannya kejar-kejaran akhirnya kualitas barang. Dan akan jadi masalah kalau jadi temuan. Makanya semua dikerjakan maju terutama berkaitan fisik, konstruksi, dan waktu. Bayangkan buat gedung atau rumah, dimulai saat bulan basah. Saat hujan baru gali pondasi. Sekarang kan terang benderang, kenapa tidak dimulai dari sekarang," tandas Jokowi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2628 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2254 personNurito
  3. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1857 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1206 personAnita Karyati
  5. Penataan Kawasan di Jalan Bendi Besar Rampung

    access_time01-10-2024 remove_red_eye1140 personTiyo Surya Sakti