You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Disbud Selenggarakan Pelatihan Kuratorial bagi Profesional Museum
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Disbud Selenggarakan Pelatihan Kuratorial bagi Profesional Museum

Dinas Kebudayaan (Disbud) DKI Jakarta menggelar Pelatihan Signifikansi di Pusat Konservasi Cagar Budaya (PKCB) DKI Jakarta selama dua hari pada Kamis, (27/6) dan Jumat (28/6).

melalui pelatihan ini pengunjung museum dapat semakin teredukasi

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana mengatakan, kegiatan yang dilakukan secara hibrid ini merupakan bagian dari Australia-Indonesia Museums (AIM) Project yang bertujuan untuk membangun kemitraan jangka panjang antara profesional museum Indonesia dan Australia melalui pelatihan, pertukaran pengetahuan, dan pameran yang dikurasi bersama.

"Pelatihan Signifikansi ini sangat bermanfaat untuk memperkaya kajian koleksi museum-museum di Kota Jakarta. Harapannya, melalui pelatihan ini pengunjung museum dapat semakin teredukasi dan koleksi museum di Jakarta juga semakin kaya informasinya," ujar Iwan di Jakarta, Jumat (28/6).

Pendaftaran Pemugaran Cagar Budaya Semakin Mudah

Iwan melanjutkan, kegiatan ini ditujukan sebagai kerja sama pemerintah dan kemitraan internasional dalam meningkatkan praktik museum yang didanai oleh Australia-Indonesia Institute dari Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT) Australia.

Bekerja sama dengan Deakin University (Australia), Western Australian Museum (WAM) dan Southeast Asian Museum Services (SEAMS), pelatihan ini menghadirkan beberapa pembicara internasional dalam bidang permuseuman terkemuka seperti:

- Melathi Saldin, Dosen Studi Warisan Budaya dan Museum, Deakin University;

- Gaye Sculthorpe, Profesor Riset, Studi Warisan Budaya dan Museum, Deakin University;

- dan Corioli Souter, Kepala Departemen Warisan Maritim, Western Australian Museum.

Adapun fokus pelatihan ini menggunakan Signifikansi 2.0 yaitu panduan untuk menilai signifikansi koleksi yang telah disesuaikan dengan konteks museologi Indonesia. Pendekatan ini banyak digunakan di sektor museum Australia dan menawarkan metode sistematis untuk menilai signifikansi objek museum, mempertimbangkan provenans atau sumber dan sejarah kepemilikan karya seni, konteks, dan tema yang lebih luas.

"Selain itu, ada juga pelatihan interaktif dan aplikasi praktis bagi para peserta yang dipilih dari museum-museum di bawah Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Pada pelatihan ini, ada sesi interaktif, kerja kelompok, dan aplikasi praktis dari metode signifikansi pada koleksi dari Museum Sejarah Jakarta yang bertujuan untuk membekali profesional museum dengan keterampilan menilai dan menginterpretasi signifikansi koleksi mereka dalam memperkaya keterlibatan dan pemahaman publik," jelas Iwan, dalam Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta, Jumat (28/6).

Setelah pelatihan ini, objek-objek terpilih akan didigitalisasi termasuk pemindaian 3D dan dokumentasi video untuk memperbarui pameran digital 'Pameran Tetangga' (www.tetanggaexhibition.com). Inisiatif ini menegaskan komitmen AIM Project untuk memanfaatkan teknologi digital guna meningkatkan akses ke warisan budaya. Kurator yang terlibat dalam pelatihan ini akan berperan penting dalam memilih dan melakukan penelitian terhadap objek-objek yang akan dipamerkan.

Pelatihan Signifikansi dibuka oleh Anggota Dewan Australia-Indonesia Institute Elena Williams dari Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT) Australia dan dihadiri oleh Kepala Pusat Konservasi Cagar Budaya (PKCB) Norviadi Setio Husodo, serta diresmikan oleh Linda Enriany, Kepala Bidang Pelindungan Kebudayaan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2008 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1119 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Kebakaran Pos Bloc Pasar Baru Diduga Dipicu Korsleting Listrik

    access_time10-09-2024 remove_red_eye1025 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye916 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase I Tahap I Resmi Dimulai

    access_time11-09-2024 remove_red_eye777 personBudhi Firmansyah Surapati