You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pelatihan Kejuruan Teknik Pendingin Diadakan di Pulau Harapan
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Pelatihan Kejuruan Teknik Pendingin Diadakan di Pulau Harapan

Suku Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) Kepulauan Seribu, mengadakan pelatihan kejuruan teknik pendingin atau Air Conditioner (AC) di Ruang Serbaguna Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara. Kegiatan ini berlangsung selama 22 hari, mulai 24 Juni sampai 25 Juli 2024.

M enyiapkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan dan kemampuan.

Kepada Sudin Nakertransgi Kepulauan Seribu, Zahrul Wildan mengatakan, pelatihan yang bertujuan mengurangi angka pengangguran ini diikuti 10 peserta terdiri dari pelajar dan warga.  

"Melalui pelatihan ini, kami ingin menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan dan kemampuan. Sehingga mereka akan mudah mencari peluang kerja atau berwirausaha," ujar Wildan, Jumat (28/6).

70 Warga Jaktim Ikut Pelatihan Security

Menurutnya, pelatihan teknik pendingin ini merupakan angkatan pertama, mereka akan mendapatkan 20 hari pelatihan dan dua hari uji kompetensi. Para peserta di dampingi dua pelatih yang sudah ahli dalam bidangnya.

Selama pelatihan, peserta akan dibekali materi berupa penerapan prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di tempat kerja, menggunakan perkakas tangan, menerapkan prosedur mutu, dan membaca gambar teknik.

"Peserta juga mempraktekan langsung cara menyolder dengan kuningan dan/atau perak, mengukur listrik/elektronik, mengisi sistem pendingin hingga merawat sistem refrigerasi baik komersial maupun industri," bebernya.

Wildan menambahkan, bagi peserta yang lulus uji kompetensi akan mendapatkan sertifikat pelatihan dan sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Diharapkan sertifikasi ini dapat mempermudah para peserta untuk mencari pekerjaan.

"Untuk pelatihan teknik pendingin kita masih ada dua angkatan lagi yang nantinya kami adakan di Pulau berbeda," tegasnya.

Sementara itu, salah satu peserta Mochamad Rifky (23), mengaku beruntung bisa mengikuti pelatihan dan berharap dapat meningkatkan keterampilan dan membuka lapangan kerja.

"Ini peluang besar saya untuk lebih maju dan kreatif. Saya akan buktikan saya bisa dengan mengikuti pelatihan ini," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2096 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1203 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1078 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1021 personNurito
  5. Cabor Layar Jakarta Raih Emas Pertamanya di PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye803 personAldi Geri Lumban Tobing