You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Kecamatan Pasar Rebo Gelar Pertandingan Tenis Meja
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Razia di Jalan Plumpang Raya Dapati 16 Kendaraan Tidak Lulus Uji Emisi

Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Utara bersama jajaran Polres Sudin Perhubungan dan Satpol PP setempat melakukan razia uji emisi di Jalan Plumpang Raya, Kecamatan Koja. Hasilnya, diketahui terdapat 16 kendaraan tidak lulus uji emisi.

M ewujudkan Jakarta Langit Biru

Kepala Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Edy Mulyanto mengatakan, dalam razia tersebut total ada 67 kendaraan diberhentikan. Namun demikian, hanya 59 yang diuji emisi karena 14 kendaraan lainnya sudah melakukan uji emisi.

"Sebanyak 21 sepeda motor dinyatakan lulus dan 10 kendaraan tidak lulus uji emisi. Kemudian, 18 mobil berbahan bakar bensin lulus dan tiga tidak lulus. Sedangkan, kendaraan berbahan bakar solar ada empat kendaraan lulus dan tiga lainnya tidak lulus uji emisi," ujarnya, Jumat (5/7).

60 Kendaraan Diuji Emisi Gratis di Kantor Kecamatan Pancoran

Edy menjelaskan, uji emisi ini rutin dilakukan sebagai upaya agar seluruh kendaraan di Jakarta memenuhi ketentuan ambang batas gas buang. Sebab, emisi kendaraan bermotor menjadi salah satu penyumbang terbesar polusi di DKI Jakarta.

"Razia ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga emisi kendaraan bermotor mereka. Saat ini sifatnya baru teguran saja, para petugas belum melakukan sanksi penilangan," terangnya.

Menurutnya, dalam uji emisi gratis ini dikerahkan sarana mobil keliling uji emisi. Rencananya, dengan keberadaan mobil ini juga akan dilakukan jemput bola ke lingkungan masyarakat.

"Target triwulan satu dan dua yang diberikan oleh Dinas LH DKI Jakarta di masing-masing lima wilayah kota mencapai 350 unit kendaraan diuji emisi," ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk triwulan ketiga ditargetkan sebanyak 500 unit kendaraan diuji emisi. Untuk itu, berbagai upaya optimalisasi pelaksanaan uji emisi terus digencarkan.

"Kami optimistis target bisa tercapai sebagai salah satu upaya mewujudkan Jakarta Langit Biru," bebernya

Edy menuturkan, dalam percepatan uji emisi ini terus dilakukan koordinasi dan sinergisitas dengan berbagai pihak seperti Polda Metro Jaya dan Polres untuk pemberian sanksi bagi kendaraan yang belum lulus uji emisi serta melaporkan persentase kendaraan yang telah lulus.

"Kami berharap dengan kegiatan ini semakin banyak masyarakat yang melakukan uji emisi kendaraannya," ucapnya.

Sementara itu, salah seorang pengendara, Ahmad Jaya (39) mengaku uji emisi ini sangat penting untuk menjaga kualitas udara di Jakarta.

Ia mengajak masyarakat yang belum uji emisi untuk segera memeriksakan dan lebih rutin merawat kendaraannya.

"Semoga dengan upaya ini dapat menekan pencemaran polusi udara. Saya bersyukur, kendaraan kantor yang saya bawa sudah lulus uji emisi," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2007 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1118 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Kebakaran Pos Bloc Pasar Baru Diduga Dipicu Korsleting Listrik

    access_time10-09-2024 remove_red_eye1024 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye912 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase I Tahap I Resmi Dimulai

    access_time11-09-2024 remove_red_eye776 personBudhi Firmansyah Surapati