You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pelatihan Teknik Motor di PPKD Jakut Diikuti 20 Peserta
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Pelatihan Teknik Motor di Jakut Diikuti 20 Peserta

20 peserta mengikuti pelatihan kejuruan teknik otomotif sepeda motor angkatan kedua di Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Utara, Jalan Gereja Tugu Semper, Kelurahan Semper Barat, Cilincing.

Pelatihan angkatan kedua ini diikuti 20 peserta

Dalam pelatihan ini para peserta diberikan pelatihan dasar teknik otomotif serta uji kompetensi.

Kepala PPKD Jakarta Utara, Faradisa Saforda Basuni mengatakan, pelatihan teknik otomotif sudah berlangsung sejak akhir Mei dan akan berakhir 18 Juli 2024. Nantinya, peserta bakal diikuti test uji kompetensi pada 19-22 Juli 2024 mendatang.

PPKD Jaksel Gelar Pelatihan MTU Membuat Hidangan Sepinggan

"Pelatihan angkatan kedua ini diikuti 20 peserta. Rata-rata dari mereka pelajar yang baru menyelesaikan pendidikan dan warga pengangguran," ujarnya, Senin (8/7).

Faradisa menuturkan, pelatihan ini bertujuan agar peserta memiliki kemampuan atau keahlian dalam teknik otomotif pada sepeda motor. Sehingga nantinya mereka dapat bersaing di dunia kerja atau wirausaha di lingkungan masing-masing.

Ia menjelaskan, selama mengikuti pelatihan para peserta akan mendapat pembekalan materi tentang teori dasar otomotif sepeda motor, perawatan dan perbaikan engine, sistem pemindah tenaga motor hingga sistem kelistrikan sepeda motor. Dalam pelatihan ini para peserta juga didampingi instruktur yang berkompeten di bidangnya.

"Bagi peserta yang lulus uji kompetensi akan mendapatkan sertifikat pelatihan dan sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Mereka juga akan diberikan informasi-informasi lowongan pekerjaan," ungkapnya.

Menurut Faradisa, selain pelatihan teknik otomotif, saat ini juga tengah berlangsung pelatihan tata busana, tata boga, tata rias, tata graha, teknik komputer, teknik pendingin dan desain grafis. Pelatihan-pelatihan kejuruan ini diharapkan dapat menurunkan pengangguran di Jakarta, khususnya warga Jakarta Utara.

"Pesan saya kepada seluruh peserta yang mengikuti pelatihan di semua bidang ikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh agar bisa menambah keterampilan, bermanfaat dan produktif," harapnya.

Muhammad Alfian (22), salah satu peserta pelatihan mengaku banyak mendapat ilmu dan wawasan baru setelah ikut pelatihan selama 30 hari. Di samping itu, instruktur pelatihan juga dinilai sangat jelas dan detail, sehingga mudah dipahami.

"Hampir satu bulan saya ikuti pelatihan ini, saya merasa ilmu di SMK terasah kembali. Insya Allah, saya akan lulus uji kompetensi dan mendapat sertifikat yang bisa untuk melamar kerja," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2071 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1183 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1049 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Afriza Achmad Bagaskara, Atlet Muda Jakarta Peraih Emas Layar PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye773 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Cabor Layar Jakarta Raih Emas Pertamanya di PON XXI

    access_time12-09-2024 remove_red_eye761 personAldi Geri Lumban Tobing