You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 96 Kendaraan Ikuti Uji Emisi di Jalan Jendral Ahmad Yani
....
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

96 Kendaraan Jalani Uji Emisi di Jalan Jendral Ahmad Yani

Sebanyak 96 kendaraan roda empat dan roda dua yang melintas  di Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Cempaka Putih, Rabu (10/7), menjalani uji emisi gas buang.

"Ada dua kendaraan roda empat dan 16 unit roda dua yang tidak lulus."

Kegiatan ini dilaksanakan Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) bersinergi dengan  Kepolisian dan Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat.

Kepala Suku Dinas LH Jakarta Pusat, Slamet Riyadi mengatakan, uji emisi ini sebagai penerapan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara. Kegiatan dilakukan secara random terhadap kendaraan yang melintas.

60 Kendaraan Diuji Emisi Gratis di Kantor Kecamatan Pancoran

"Kami berkewajiban untuk melakukan uji emisi. Hari ini kami melakukan sampling bagi kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat yang melintas di Jalan Jendral Ahmad Yani," katanya.

Dilanjutkan Slamet, dalam kegiatan ini pihaknya ingin tahu berapa banyak kendaraan bermotor berlalu lalang di Jakarta yang sudah melakukan uji emisi. Bagi kendaraan bermotor yang tidak lulus uji diminta untuk segera melakukan perawatan dan melakukan uji emisi ulang.

Diharapkannya, kegiatan ini memotivasi warga untuk menjaga kendaraannya agar tidak menambah polusi udara. Karena itu, mereka dimintanya melakukan perawatan agar kendaraan mereka memiliki gas buang sesuai standar yang telah ditentukan.

"Kalau bisa tidak menggunakan kendaraan pribadi, beralih ke kendaraan umum untuk mengurangi pencemaran udara," tambahnya.

Kepala Seksi Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Suku Dinas LH Jakarta Pusat, Enrile Indro Prasetyo menambahkan, pihaknya melibatkan Kepolisian dan Suku Dinas Perhubungan lantaran kegiatan dilaksanakan di jalan raya. Karena itu dibutuhkan pengaturan lalu lintas agar tidak menimbulkan kemacetan.

Dijelaskannya, dari total 96 unit kendaraan yang mengikuti uji emisi sebanyak 35 unit di antaranya merupakan kendaraan roda empat jenis bengsin. Sedang sisanya sebanyak 61 unit merupakan kendaraan roda dua.

"Ada dua kendaraan roda empat dan 16 unit roda dua yang tidak lulus. Kami minta untuk segera melakukan perawatan dan melakukan uji emisi ulang," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2065 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1176 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1030 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase I Tahap I Resmi Dimulai

    access_time11-09-2024 remove_red_eye867 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Rintik Hujan Diprediksi Basahi Sebagian Jakarta Hari Ini

    access_time11-09-2024 remove_red_eye819 personAnita Karyati