You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tim Verlap Lomba Video Urban Farming Sambangi Lahan Urban Farming di Walkot Jakut
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Tim Verlap Lomba Video Sambangi Lahan Urban Farming di Kantor Walkot Jakut

Tim Penggerak (TP) PKK Jakarta Utara menerima kunjungan Tim Verifikasi Lapangan (Verlap) Lomba Konten Video Urban Farming 2024, di Kantor Wali Kota setempat, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Kebon Bawang, Kecamatan Tanjung Priok.

Mengecek langsung lokasi dan berdialog dengan pengurus

Ketua Subkelompok Pertanian Perkotaan dan Penyuluhan Dinas KPKP DKI Jakarta, Taufik Yulianto mengatakan, lomba konten video urban farming ini merupakan yang perdana diadakan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta.

"Verifikasi pada hari ini bertujuan untuk mengecek langsung lokasi dan berdialog dengan pengurus serta melihat kegiatan mereka dalam pengelolaan urban farming," ujarnya, Kamis (18/7).

Dinas KPKP Verifikasi Lokasi Lomba Konten Video Urban Farming

Taufik menjelaskan, verlap ini diperuntukan bagi 10 peserta terbaik dari 95 peserta yang telah mengirimkan konten video urban farming.

"Hari ini hari kedua tim verifikasi menyambangi wilayah Jakarta Utara, kemarin kami sudah lakukan kunjungan ditiga lokasi dan hari ini terakhir di Kantor Walikota yang dikirim oleh TP PKK Jakarta Utara," ujar Taufik, Kamis (18/7).

Taufik menjelaskan, untuk empat lokasi di wilayah Jakarta Utara ini mempunyai karakter dan inovasi yang berbeda-beda, seperti TP PKK Jakarta Utara yang memanfaatkan lahan kosong dan rooftop Kantor Wali Kota untuk menanam berbagai jenis tanaman serta budidaya Kelinci.

"Ada Lovely Garden di Kelurahan Sunter Jaya yang melibatkan masyarakat berkebutuhan khusus. Kemudian, Kelurahan Pegangsaan Dua memanfaatkan lahan tidur dan di Kelurahan Cilincing menggunakan rooftop rumah warga," terangnya.

Menurutnya, warga di Jakarta Utara mempunyai kemampuan lebih dalam urban farming. Untuk itu, Taufik berharap lomba video urban farming ini dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat untuk menggencarkan pertanian perkotaan.

"Mudah-mudahan kegiatan menarik ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat Jakarta maupun luar daerah," harapnya.

Ketua Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga TP PKK Jakarta Utara, Erna Wawan mengucapkan terima kasih atas kunjungan Tim Verifikasi Lapangan Lomba Video Urbaningrum Farming Dinas KPKP DKI Jakarta.

"Tentunya kunjungan ini menjadi masukan dan motivasi bagi kami. TP PKK Kota Jakarta Utara terus menggalakan kegiatan pertanian di Jakarta Utara," ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk urban farming di Jakarta Utara banyak menggunakan metode hidroponik yang hasilnya panennya juga ada yang dibagikan untuk balita terindikasi stunting dan ibu hamil.

"Selain pertanian, untuk menjaga ketahanan pangan kami juga ada kolam gizi hingga peternakan kelinci," bebernya

Erna optimistis, TP PKK Jakarta Utara bisa masuk final lima besar se-DKI Jakarta karena kegiatan pertanian perkotaan dilakukan dengan semangat dan kerja keras pengurus, serta mendapatkan dukungan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

"Hasil dari verifikasi ini kami akan melakukan peningkatan kualitas video kembali agar kita bisa masuk lima besar dan menjadi pemenang," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Utara, Unang Rustanto mengaku bangga dan mengapresiasi seluruh masyarakat Jakarta Utara yang telah mengikuti lomba tersebut.

"Harapan saya, para penggiat urban farming tetap konsisten dan semangat, tidak hanya karena ada lomba. Kami akan terus mendukung dan membantu," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kebakaran di Jalan Lapangan Ros III Diduga Akibat Korsleting Listrik

    access_time04-09-2024 remove_red_eye1133 personTiyo Surya Sakti
  2. Jakarta Diprediksi Tanpa Hujan Hari Ini

    access_time01-09-2024 remove_red_eye977 personAnita Karyati
  3. Transjakarta Raih Penghargaan Perusahaan Populer di Sektor Transportasi Darat

    access_time04-09-2024 remove_red_eye963 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Rekayasa Lalin Diberlakukan Selama Kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta

    access_time02-09-2024 remove_red_eye836 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Edukasi Transportasi, Transjakarta Luncurkan Miniatur Bus

    access_time02-09-2024 remove_red_eye834 personAldi Geri Lumban Tobing