You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Kerja Sama, IHHCH, EUNIC, Disbud DKI, Pengembangan, Museum, standar, Internasional
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Gandeng IHHCH dan EUNIC, Disbud DKI Dukung Pengembangan Museum di Jakarta

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi DKI Jakarta menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan perkumpulan pelestari sejarah dan budaya Indonesia, yaitu Indonesia Hidden Heritage Creative Hub (IHHCH) dan European Union National Institute for Culture (EUNIC) Cluster Indonesia pada Senin, (22/7) di Kantor Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Selatan.

"akan menghasilkan hal baik bagi kemajuan pengembangan kegiatan permuseuman,"

Kepala Disbud Provinsi DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana mengatakan, kolaborasi ini dilakukan sebagai upaya mengembangkan peran dan fungsi museum di Jakarta melalui riset, pengembangan kegiatan permuseuman dan sejarah, peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi pengelola museum, pemasaran, serta pembangunan kemitraan dengan pemangku kepentingan.

“Disbud Provinsi DKI Jakarta bersama IHHCH dan EUNIC Cluster Indonesia mendukung upaya pemajuan kebudayaan dan pengembangan museum di Jakarta berstandar internasional. Sinergi ini juga bagian dari penguatan Jakarta sebagai kota global," ujar Iwan, dalam Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta, Jumat (26/7).

Disbud Selenggarakan Pelatihan Kuratorial bagi Profesional Museum

Selain itu, lanjut Iwan, kolaborasi juga dilakukan bersama Komite (International Council of Museums/ICOM), yaitu ICOM INTERCOM (International Committee for Museum Management), ICOM MPR (International Committee of Marketing and Public Relation of the International Council of Museums), ICTOP (International Committee for the Training of Personnel), dan ICOMON (International Committee for Money and Banking Museums) untuk menghadirkan kegiatan International Best Practice Forum on Museum and Heritage Sites 'Museum Forward', yang akan berlangsung pada 23-26 September mendatang.

Forum internasional terbesar di bidang museum dan heritage di Indonesia itu akan mempertemukan lebih dari 25 praktisi permuseuman dan warisan budaya dari dalam negeri maupun internasional, seperti museum Louvre Abu Dhabi, Prado Museum Spanyol, dan museum M+ di Hongkong.

"Nantinya, kegiatan Museum Forward akan didukung Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Indonesia; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), serta para mitra lainnya di permuseuman dan cagar budaya. Kami berharap, sinergi ini akan menghasilkan hal baik bagi kemajuan pengembangan kegiatan permuseuman dan sejarah di Jakarta," tandas Iwan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kebakaran di Jalan Lapangan Ros III Diduga Akibat Korsleting Listrik

    access_time04-09-2024 remove_red_eye1133 personTiyo Surya Sakti
  2. Jakarta Diprediksi Tanpa Hujan Hari Ini

    access_time01-09-2024 remove_red_eye970 personAnita Karyati
  3. Transjakarta Raih Penghargaan Perusahaan Populer di Sektor Transportasi Darat

    access_time04-09-2024 remove_red_eye963 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Rekayasa Lalin Diberlakukan Selama Kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta

    access_time02-09-2024 remove_red_eye836 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Edukasi Transportasi, Transjakarta Luncurkan Miniatur Bus

    access_time02-09-2024 remove_red_eye833 personAldi Geri Lumban Tobing