You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
ekonomi jakarta
....
photo doc - Beritajakarta.id

Ekonomi Jakarta Diprediksi Menguat di Triwulan III

Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta memprediksi perekonomian DKI Jakarta tetap kuat memasuki Triwulan III 2024.

" Kondisi tersebut tercermin dari kegiatan perkembangan investasi kegiatan usaha,"

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Arlyana Abubakar mengatakan, tetap kuatnya perekonomian DKI Jakarta ini ditopang oleh permintaan domestik yang masih kuat.

Ia menilai, kondisi ini tercermin salah satunya dari Indeks Ekspektasi Konsumen BI untuk enam bulan yang akan datang yang masih optimis.

Gerakan Roda Perekonomian Jakarta, JaKreatiFest 2024 Diapresiasi

“Didorong oleh ekspektasi kegiatan usaha ke depan yang lebih baik,” ujarnya, Senin (12/8).

Ia menyampaikan, investasi diperkirakan juga masih tumbuh meningkat sehingga turut menopang perekonomian DKI Jakarta pada triwulan III 2024.

Arlyana menjelaskan, perkembangan tersebut seiring dengan masih berjalannya proyek strategis baik pemerintah maupun swasta yang bersifat multitahun.

“Kondisi tersebut tercermin dari kegiatan perkembangan investasi kegiatan usaha yang diperkirakan tumbuh meningkat berdasarkan hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha BI,” katanya.

Arlyana mengatakan, adapun kinerja ekspor juga diperkirakan terus membaik didorong oleh kembali dilakukannya ekspor, utamanya otomotif ke beberapa negara tujuan termasuk Jepang yang sebelumnya sempat terhenti.

Ia menyampaikan, dari sisi Lapangan Usaha (LU), LU konstruksi diperkirakan meningkat sejalan dengan meningkatnya investasi dan akselerasi pembangunan proyek strategis.

“Kinerja LU industri pengolahan juga diperkirakan membaik didorong oleh perbaikan ekspor secara bertahap serta masih kuatnya permintaan domestik,” katanya.

Arlyana menjelaskan, perekonomian Jakarta diperkirakan tumbuh kuat dalam kisaran 4,80 sampai 5,60 persen (yoy) untuk keseluruhan tahun 2024. Dari sisi permintaan, Konsumsi Rumah Tangga (RT) dan Investasi diperkirakan akan tetap menjadi penggerak perekonomian Jakarta pada tahun 2024.

Ia menilai, peningkatan konsumsi RT didukung kuatnya keyakinan konsumen, maraknya MICE dan Event serta penyelenggaraan Pemilu (Pilpres, Pileg dan Pilkada).

“Sedangkan investasi didukung berlanjutnya proyek-proyek strategis, khususnya yang bersifat multitahun,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dari sisi lapangan usaha, prospek pertumbuhan yang meningkat ditopang oleh LU perdagangan, jasa keuangan, infokom dan industri pengolahan yang tumbuh meningkat.

“Kendati demikian, beberapa risiko yang perlu diwaspadai sepanjang tahun 2024 antara lain tertahannya ekonomi global, berlanjutnya ketegangan geopolitik serta suku bunga The Fed (FFR) yang bertahan tinggi,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2008 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1119 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Kebakaran Pos Bloc Pasar Baru Diduga Dipicu Korsleting Listrik

    access_time10-09-2024 remove_red_eye1025 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye916 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase I Tahap I Resmi Dimulai

    access_time11-09-2024 remove_red_eye777 personBudhi Firmansyah Surapati