You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sekda Joko: HUT ke-79 RI Jadi Momentum
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Sekda Joko: HUT ke-79 RI Jadi Momentum Optimalkan Potensi Jakarta Sebagai Pusat Perekonomian dan Kota Global

ikan amanat upacara Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono yang menegaskan, perayaan HUT RI tahun ini harus menjadi momentum bagi Jakarta mengoptimalkan potensinya sebagai pusat perekonomian nasional dan kota global.

Berbenah dan mengoptimalkan potensinya

Joko Agus mengatakan, HUT RI tahun ini mengusung tema "Nusantara Baru Indonesia Maju.” Tema ini menggambarkan semangat baru dalam menyukseskan beberapa transisi besar di Indonesia. Salah satunya perpindahan ibu kota negara ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Adanya ibu kota baru menjadi momentum bagi Jakarta untuk berbenah dan mengoptimalkan potensinya sebagai pusat perekonomian nasional dan kota global," ujarnya, seperti dikutip melalui siaran pers Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (17/8). 

44 Paskibraka Jakarta Selatan Dikukuhkan

Dalam amanat tersebut, peserta upacara diingatkan untuk mengenang dan menghayati perjuangan para pahlawan. Diharapkan hal tersebut menjadi motivasi untuk terus berkontribusi demi mewujudkan bangsa yang lebih maju, sejahtera dan bermartabat. Terutama bagi Jakarta yang akan terus berkembang menjadi kota megapolitan yang progresif, dan berfokus pada pengembangan infrastruktur yang lebih modern dan berkelanjutan.

"Perbaikan kualitas hidup warga serta peningkatan daya saing di skala global. Transformasi ini diharapkan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Indonesia, sesuai dengan Cita Provinsi Jakarta yaitu Sukses Jakarta untuk Indonesia," terangnya.

Joko Agus menyampaikan, dalam menjalankan peran barunya, Jakarta masih perlu memperhatikan beberapa hal fundamental seperti mengatasi banjir, mengurangi kemacetan, menyediakan perumahan terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah, serta mengurangi polusi dan emisi dengan strategi ekologi yang tepat.

Jakarta juga perlu mengoptimalkan penanganan sampah dan limbah secara efektif serta meningkatkan akses air bersih. Semangat  menjadikan Jakarta sebagai unsur terdepan kemajuan Indonesia perlu terus dijaga.

Ia berharap, seluruh jajaran pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat memaknai perayaan HUT RI, dengan memperkuat komitmen untuk terus berinovasi dan beradaptasi dalam menjawab berbagai tantangan yang dihadapi Kota Jakarta.

"Kita harus memastikan bahwa setiap pelaksanaan kebijakan dan program pembangunan selalu mengutamakan keberlanjutan dan inklusivitas, demi mendukung transformasi Jakarta sebagai Kota Global yang layak huni serta mampu sejajar dengan kota-kota maju lainnya di dunia," terangnya.

Joko Agusenjelaskan, Pemprov DKI Jakarta berupaya mengoptimalkan kinerja di berbagai aspek. Salah satu buktinya adalah Jakarta kembali berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk yang ke-7 kalinya secara berturut-turut.

Hal ini merupakan hasil dari kerja keras, konsistensi, keseriusan dan sinergi lintas jajaran di Pemprov DKI Jakarta yang didukung oleh DPRD DKI Jakarta, terutama dalam meningkatkan dan mempertahankan akuntabilitas pengelolaan keuangan.

"Pencapaian ini menjadi pemantik semangat untuk terus melakukan perbaikan pengelolaan keuangan dan aset daerah, sebagai bentuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel di Provinsi DKI Jakarta," ungkapnya.

Ia mengingatkan, menjelang penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada), seluruh ASN di Jakarta agar menjaga sikap netral yang merupakan cerminan profesionalitas ASN. Dengan begitu juga akan menjaga kepercayaan publik terhadap kinerja pemerintah. ASN bersama elemen masyarakat berperan penting mendukung proses demokrasi yang adil dan transparan di Provinsi DKI Jakarta.

"Saya mengajak seluruh masyarakat Jakarta berpartisipasi aktif dalam pilkada dengan menggunakan hak pilihnya secara bijak dan bertanggung jawab, sekaligus menjaga suasana Pilkada Jakarta tetap kondusif aman dan tertib," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye1802 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Cuaca Jakarta Hari Ini Cerah Hingga Hujan Berintensitas Ringan

    access_time08-09-2024 remove_red_eye924 personFolmer
  3. Pimpinan Sementara DPRD Usul Jabatan Pj Gubernur Diperpanjang Tiga Bulan

    access_time07-09-2024 remove_red_eye871 personAnita Karyati
  4. Kebakaran Pos Bloc Pasar Baru Diduga Dipicu Korsleting Listrik

    access_time10-09-2024 remove_red_eye845 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B Capai Deviasi Positif 26,64 Persen

    access_time06-09-2024 remove_red_eye742 personAldi Geri Lumban Tobing