You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas KPKP DKI Gelar Pemilihan Duta Urban Farming 2024
.
photo doc - Beritajakarta.id

Dinas KPKP DKI Gelar Pemilihan Duta Urban Farming 2024

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta mengadakan Pemilihan Duta Urban Farming 2024 dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia dan memeriahkan Festival Urban Farming 2024.

"mengajak masyarakat untuk terlibat dalam pertanian di sekitar kita,"

Ajang ini bertujuan menggerakkan pertanian perkotaan dan menyosialisasikan bahwa kegiatan bercocok tanam di perkotaan dapat diikuti oleh semua kalangan, terutama generasi muda.

Tercatat, 25 peserta yang mendaftar sejak pembukaan pendaftaran pada 15 Agustus 2024 lalu, terdiri dari 10 putra dan 15 putri. Adapun syarat usia calon Duta Urban Farming yakni 17 hingga 30 tahun.

Rooftop Pasar Mayestik Dimanfaatkan untuk Urban Farming

Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Mujiati mengatakan, Duta Urban Farming diharapkan menjadi agen perubahan yang mampu mengajak masyarakat memanfaatkan lahan yang ada untuk bercocok tanam, berpartisipasi dalam aktivitas pertanian perkotaan, serta mendukung penghijauan dan ketahanan pangan.

"Para Duta Urban Farming ini nantinya akan ditugaskan sesuai dengan program-program yang kami canangkan. Mereka akan berperan dalam mengkampanyekan urban farming di Jakarta, mengajak masyarakat untuk terlibat dalam pertanian di sekitar kita," ungkap Mujiati, Selasa (20/8).

Ia menyampaikan, syarat yang tidak kalah penting untuk menjadi Duta Urban Farming adalah peserta harus sudah memiliki pengalaman melakukan praktik urban farming di lokasi masing-masing. Selain itu, mereka juga diharapkan aktif di media sosial untuk menyebarkan informasi mengenai urban farming kepada publik.

Mujiati menjelaskan, proses seleksi dimulai dengan kurasi awal yang akan mengerucutkan jumlah peserta menjadi minimal tujuh pasang finalis. Finalis tersebut kemudian akan dipilih menjadi Juara 1, 2, 3 dan Duta Favorit.

"Para pendaftar akan menjalani sesi wawancara dengan para juri dan finalis akan diajak ke berbagai lokasi pertanian untuk melakukan aksi penanaman, panen dan tebar ikan. Aktivitas mereka di media sosial juga akan menjadi salah satu unsur penilaian," jelas Mujiati.

Ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan mengampanyekan urban farming di Jakarta sebagai sebuah gerakan yang bisa dilakukan oleh siapa dan di mana saja, dengan berbagai metode seperti hidroponik, microgreen dan fokus pada pengelolaan, budi daya serta pemasarannya.

Mujiati menambahkan, dengan adanya Pemilihan Duta Urban Farming ini, Jakarta sebagai kota global diharapkan dapat semakin dikenal menjadi pusat pertanian perkotaan yang inovatif dan inklusif, serta mampu menginspirasi generasi muda untuk terlibat aktif dalam pertanian perkotaan.

"Setelah terpilih, para Duta Urban Farming diharapkan lebih gencar menyampaikan pesan dan program pemerintah kepada publik melalui media sosial mereka, sehingga kontribusi mereka dalam mengampanyekan urban farming dapat dirasakan lebih luas," tandas Mujiati.

Adapun untuk link pendaftaran Duta Urban Farming 2024 dapat mendaftar melalui: bit.ly/DUTAURBANFARMINGJKT. Sedangkan untuk persyaratan peserta sebagai berikut:

• Putra dan Putri berusia 17 sampai 30 tahun

• Berdomisili atau bekerja di DKI Jakarta

• Menyertakan surat keterangan domisili (jika KTP luar DKI Jakarta)

• Peduli dan aktif terhadap kegiatan pertanian perkotaan (urban farming)

• Aktif bermedia sosial

• Mudah bergaul dan mau belajar hal baru

• Tidak memiliki catatan kriminal

• Bersedia mengikuti kegiatan selama bulan September 2024

• Tidak sedang menjabat di kontes lain atau sudah mendapatkan izin.

Adapun rangkaian kegiatan sebagai berikut:

• Pendaftaran (15-27 Agustus 2024)

• Seleksi Bersama (30 Agustus 2024)

• Karantina (9-13 September 2024)

• Puncak Acara (19 September 2024).

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye1812 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Cuaca Jakarta Hari Ini Cerah Hingga Hujan Berintensitas Ringan

    access_time08-09-2024 remove_red_eye925 personFolmer
  3. Pimpinan Sementara DPRD Usul Jabatan Pj Gubernur Diperpanjang Tiga Bulan

    access_time07-09-2024 remove_red_eye871 personAnita Karyati
  4. Kebakaran Pos Bloc Pasar Baru Diduga Dipicu Korsleting Listrik

    access_time10-09-2024 remove_red_eye845 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B Capai Deviasi Positif 26,64 Persen

    access_time06-09-2024 remove_red_eye742 personAldi Geri Lumban Tobing