You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 150 Pelaku Usaha Hadır di Sampoerna Festival UMKM
....
photo Tiyo Surya Sakti - Beritajakarta.id

50 Pelaku UMKM Jakarta Difasilitasi Pasarkan Produk

Sebanyak 50 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di DKI Jakarta difasilitasi menjual produknya dalam Sampoerna Festival UMKM 2024 di area Garden Sampoerna Strategic Square, Setiabudi, Jakarta Selatan. 

P elaku UMKM sebagai penggerak perekonomian

Kepala Bidang UKM Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta, Adhitya Pratama Yudha berharap, kegiatan ini dapat menjadi pemacu pelaku UMKM agar semakin berkembang dan produknya semakin dikenal masyarakat luas.

"Kami ingin pelaku UMKM sebagai penggerak perekonomian di Jakarta dapat terus tumbuh," ujarnya, Kamis (22/8).

40 Peserta Ikuti Pelatihan Wirausaha Industri Baru di RPTRA Delas

Adhitya mengatakan, secara nasional sektor UMKM di tahun 2023 telah menyumbang 61 persen produk domestik bruto dan menyerap 97 persen tenaga kerja.

"Sektor UMKM sangat penting untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia," terangnya

Adhitya menjelaskan, pelaku UMKM di Jakarta juga harus beradaptasi dengan cepat mengingat Jakarta akan segera bertransformasi menjadi kota global.

"Pelaku UMKM harus berinovasi dan lebih kreatif agar berdaya saing," harapnya.

Ia menuturkan, saat ini para pelaku UMKM lokal semakin berani menunjukkan berbagai produk hasil karyanya.

"Produk-produk lokal sudah tidak kalah dengan luar negeri. Namun, dukungan dalam mengembangkan UMKM serta produk lokal butuh aksi nyata yang terus menerus," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Sampoerna Festival UMKM 2024, Luqmanul Hakim menambahkan, kegiatan yang mengusung tema "Kreasi Nusantara Kebanggaan Bangsa" ini akan berlangsung mulai 20-23 Agustus 2024.

"Selain 50 Jakpreneur, kegiatan ini juga diikuti 100 pelaku UMKM dari Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Medan, Surabaya, dan Makasar di bidang fesyen dan kuliner," bebernya.

Ia mengungkapkan, Sampoerna Festival UMKM 2024 ini tidak hanya sekadar bazar, namun juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas layanan konsultasi yang sangat penting bagi kelangsungan usaha para pelaku UMKM.

"Sejumlah layanan yang tersedia seperti, konsultasi perizinan NIB, merek, pajak, sertifikasi halal hingga BPOM. Kami percaya, dengan adanya berbagai layanan ini, para pelaku UMKM akan lebih mudah mengurus segala kebutuhan administratif yang diperlukan," imbuhnya.

Luqman menuturkan, sebagai bentuk apresiasi, diberikan sertifikat penghargaan kepada lembaga mitra dan instansi pemerintah yang telah memberikan dukungan melalui fasilitas layanan konsultasi bagi UMKM.

Penghargaan diberikan kepada, Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Suku Dinas PPKUKM Jakarta Selatan, Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, dan Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Selatan, serta unsur lainnya yang mendukung acara ini. 

"Dukungan ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kesuksesan acara ini. Kami berharap sinergisitas ini dapat terus berlanjut di masa yang akan datang," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye1906 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Cuaca Jakarta Hari Ini Cerah Hingga Hujan Berintensitas Ringan

    access_time08-09-2024 remove_red_eye1014 personFolmer
  3. Pimpinan Sementara DPRD Usul Jabatan Pj Gubernur Diperpanjang Tiga Bulan

    access_time07-09-2024 remove_red_eye947 personAnita Karyati
  4. Kebakaran Pos Bloc Pasar Baru Diduga Dipicu Korsleting Listrik

    access_time10-09-2024 remove_red_eye928 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase I Tahap I Resmi Dimulai

    access_time11-09-2024 remove_red_eye696 personBudhi Firmansyah Surapati