You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas KPKP Bakal Gelar Lagi Festival Urban Farming
.
photo Mochamad Tresna Suheryanto - Beritajakarta.id

Dinas KPKP Bakal Gelar Lagi Festival Urban Farming

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta akan kembali menggelar Festival Urban Farming tahun ini.

" Penyelenggaraan tahun ini berbeda dari sebelumnya,"

Pada pelaksanaan ke-3 ini Festival Urban Farming yang mengusung tema ‘Hijaukan Jakarta Wujudkan Ketahanan Pangan’ akan dilaksanakan di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat pada 17 sampai 19 September 2024 mendatang.

Festival Urban Farming merupakan sarana berkumpulnya para pemangku kepentingan pertanian perkotaan baik dari dunia usaha, media, lembaga keuangan, praktisi urban farming, kelompok tani dan akademisi.

Dinas KPKP DKI Gelar Pemilihan Duta Urban Farming 2024

Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Mujiati mengatakan, isu krisis pangan, perkembangan geopolitik dunia, perubahan iklim dan cuaca serta peningkatan kebutuhan pangan menimbulkan kekhawatiran kekurangan pangan di perkotaan. Maka itu, Festival Urban Farming dilaksanakan untuk menggalakkan giat urban farming untuk ketahanan pangan di Jakarta.

Ia menyampaikan, tujuan Festival Urban Farming yakni, mensosialisasikan dan mempromosikan kegiatan-kegiatan pertanian perkotaan (urban farming) di Jakarta, meningkatkan potensi kerja sama pengembangan pertanian perkotaan (urban farming) dan jejaring para pelaku pertanian perkotaan (urban farming) di Jakarta.

“Festival Urban Farming 2024 akan menjadi media promosi, kerja sama dan koneksi,” ungkap Mujiati, Rabu (21/8).

Mujiati menjelaskan, Festival Urban Farming 2024 akan diramaikan dengan serangkaian kegiatan di antaranya berbagai bimtek dan talkshow. Selain itu, acara akan semakin meriah dengan adanya pameran, lomba hingga pelayanan.

Ia mengatakan, Dinas KPKP DKI Jakarta menargetkan sebanyak 2.000 pengunjung pada Festival Urban Farming 2024.

“Pameran akan diisi oleh 80 tenant terdiri dari kolaborator, komunitas, penggiat urban farming, UMKM dan mitra kerja. Adapun peserta Bimtek menyasar masyarakat umum, ASN, pelajar/mahasiswa, Pramuka, kelompok tani, pengelola RPTRA, komunitas dan lainnya,” kata Mujiati.

Ketua Sub Kelompok Pertanian Perkotaan dan Penyuluhan Dinas KPKP DKI Jakarta, Taufik Yulianto menyampaikan, Pemilihan Duta Urban Farming Jakarta 2024 dan Aksi Saka Taruna Bumi menjadi acara spesial pada Festival Urban Farming 2024.

Menurutnya, pelibatan anggota Pramuka merupakan salah satu inovasi baru pada Festival Urban Farming 2024. Dalam festival kali ini, Saka Taruna Bumi, yang terdiri dari siswa SMP dan SMA, diberikan ruang khusus untuk terlibat dalam kegiatan ini. Mereka tidak hanya berpartisipasi, tetapi juga mendapatkan pembinaan dan pelatihan langsung di lokasi festival.

"Penyelenggaraan tahun ini berbeda dari sebelumnya. Kami melibatkan Pramuka, khususnya Saka Taruna Bumi, untuk terlibat aktif. Anak-anak setingkat SMP dan SMA mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung melalui pembinaan dan pelatihan yang kami siapkan di sini," kata Taufik.

Selain itu, festival ini juga diadakan di dua lokasi, indoor dan outdoor, memberikan pengalaman yang lebih bervariasi bagi pengunjung.

"Selain diadakan di dalam ruangan, festival ini juga menyelenggarakan acara di luar ruangan, sehingga pengunjung bisa menikmati berbagai aktivitas yang lebih bervariasi," ungkapnya.

Taufik menambahkan, Festival Urban Farming 2024 akan mengundang sejumlah public figure untuk berbagi pengalaman dan menginspirasi masyarakat Jakarta dalam rangka memperluas jangkauan sosialisasi urban farming.

Dengan berbagai inovasi ini, Festival Urban Farming 2024 diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pertanian perkotaan.

“Kami undang public figure untuk mensosialisasikan penerapan urban farming di Jakarta. Mereka bisa berbagi cerita dan menginspirasi masyarakat luas mengenai pentingnya pertanian perkotaan. Sekaligus memberikan pelatihan praktis kepada generasi muda melalui keterlibatan Pramuka," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. KPK dan UP Metrologi Gelar Sharing Sesion Kalibrasi

    access_time12-09-2024 remove_red_eye2057 personBudhi Firmansyah Surapati
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1169 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1015 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase I Tahap I Resmi Dimulai

    access_time11-09-2024 remove_red_eye849 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Rintik Hujan Diprediksi Basahi Sebagian Jakarta Hari Ini

    access_time11-09-2024 remove_red_eye794 personAnita Karyati