You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pengukuhan, IBM, Cipete Selatan
....
photo Tiyo Surya Sakti - Beritajakarta.id

IBM Penanggulangan Narkoba di Kelurahan Cipete Selatan Dikukuhkan

Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) untuk penanggulangan narkoba di Kelurahan Cipete Selatan resmi dikukuhkan di Masjid Jami' Nurul Huda, Jalan Haji Abdul Majid Dalam III, Kelurahan Cipete Selatan, Kecamatan Cilandak.

P artisipasi aktif masyarakat

Ketua Tim Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN Kota Jakarta Selatan, Sukamto mengatakan, IBM merupakan program dari masyarakat untuk masyarakat sebagai kepanjangan tangan BNN. Program ini menjadi bukti nyata bahwa peredaran narkoba dapat dilawan dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.

"Adanya IBM ini bukan mata-mata membantu tugas BNN, melainkan untuk mengajak partisipasi aktif masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba atau rehabilitasi dini," ujarnya, Senin (26/8). 

KPAP DKI dan SDHD Jakpus Sosialisasikan Pencegahan HIV/AIDS ke Remaja

Ia berharap, kolaborasi antara BNN dengan masyarakat dapat membuat Jakarta Selatan bersih dari narkoba (Bersinar) dan dapat menjadi lingkungan yang aman, dan sehat bagi generasi mendatang. 

"Semoga ke depan dengan adanya IBM ini tingkat rehabilitasi mandiri atau rehabilitasi sukarela semakin meningkat di masyarakat agar tidak ada lagi kasus penyalahgunaan narkoba yang berakhir di penjara atau kematian," bebernya. 

Sementara itu, Camat Cilandak, Djaharuddin menginginkan agar kelurahan lainnya dapat mengikuti pembentukan IBM untuk menekan angka peredaran dan penyalahgunaan narkoba, khususnya di wilayah Kecamatan Cilandak. 

Menurutnya, IBM harus mampu melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya narkoba dan mengajak masyarakat melakukan rehabilitasi mandiri apabila terpapar narkoba.

"Saya ingin ini menjadi contoh yang baik pemberantasan narkoba sejak dini yang dilakukan masyarakat dan kita targetkan dengan adanya IBM kasus narkoba zero di wilayah Kecamatan Cilandak," katanyan. 

Sementara itu, Ketua IBM Kelurahan Cipete Selatan, Jeffri S. Meoslim menyebut dengan terbentuknya IBM ini juga bertujuan untuk dapat lebih siap dalam menghadapi permasalahan terkait narkoba serta mendukung upaya pemerintah dan lembaga terkait dalam memberantas penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekitar.

"Ini menjadi titik awal bagi terciptanya lingkungan yang bebas dari penyalahgunaan narkoba dan lebih ramah terhadap rehabilitasi bagi mereka yang terkena dampaknya," imbuhnya. 

Jeffri menambahkan, tim IBM Kelurahan Cipete Selatan yang berjumlah 13 orang ini dalam waktu dekat akan melakukan sosialisasi narkoba kepada masyarakat dengan berkolaborasi pada kegiatan kader lingkungan, seperti acara PSN, Posyandu l, dan sebagainya. 

"Semoga niat baik kami ini selalu didukung masyarakat dan pemerintah, sehingga khususnya wilayah Cipete Selatan dan Cilandak bebas narkoba," tandasnya.

Untuk diketahui dalam acara pengukuhan tersebut juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama intervensi terhadap narkoba oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pengurus lingkungan, dan unsur lainnya yang hadir. 

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Naik MRT, Transjakarta dan LRT Jakarta Hanya Rp1 pada Hari Pelantikan Presiden

    access_time18-10-2024 remove_red_eye3774 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Simak! Ini Rekayasa Lalu Lintas saat Pelantikan Presiden 20 Oktober

    access_time18-10-2024 remove_red_eye1471 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Selama Peparnas XVII, Bus Sekolah Layani 801 Penumpang

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1318 personNurito
  4. Kebakaran di Jalan Kemang Timur Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time17-10-2024 remove_red_eye1246 personTiyo Surya Sakti
  5. Festival Literasi Jakarta 2024, Dorong Budaya Baca dan Bentuk Generasi Emas

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1016 personAldi Geri Lumban Tobing