You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
30 Anggota Pramuka Antusias Ikuti Sosialisasi Saka POM
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

30 Anggota Pramuka Antusias Ikuti Sosialisasi Obat dan Makanan Aman

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Jakarta bersama Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kepulauan Seribu mengadakan Sosialisasi Satuan Karya Pengawas Obat dan Makanan (Saka POM) di aula Kantor Kabupaten Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara. Kegiatan itu diikuti sebanyak 30 anggota Pramuka.

K ita harus hidup sehat

Anggota Kwarcab Pramuka Kepulauan Seribu, Adelia (17) mengaku senang setelah mengikuti kegiatan sosialisasi Saka POM tersebut. Sebab, melalui kegiatan ini banyak ilmu baru yang didapatkan

"Saya jadi bisa mengetahui obat dan makanan yang aman dan tidak aman untuk saya dikonsumsi," ujarnya, Selasa (27/8).

Takjil di Jalan Kota Baru Bebas Zat Berbahaya

Adelia menuturkan, setelah mengikuti sosialisasi ini dirinya akan mengajak masyarakat Kepulauan Seribu untuk lebih bijak dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi, mulai dari cek label halal, komposisi, kedaluwarsa hingga cek BPOM.

"Tentunya saya akan ikut menyosialisasikan materi ini kepada teman-teman di sekolah, keluarga, serta tetangga di rumah. Sangat penting kita harus hidup sehat," ungkapnya.

Sementara itu, Perwakilan Pengurus Kwarcab Pramuka Kepulauan Seribu Utara, Sahri Ramdani mengatakan, puluhan anggota pramuka sangat antusias dalam sosialisasi Saka POM tersebut. Terlebih saat demo uji pemeriksaan makanan dan sesi tanya jawab.

"Sosialisasi ini dapat menjadikan mereka pionir untuk memberikan pemahaman terkait konsumsi pangan yang aman dan sehat. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berkelanjutan," harapnya.

Kepala BBPOM di Jakarta, Sofiani Chandrawati Anwar menjelaskan, sosialisasi ini merupakan agenda lanjutan dari hari sebelumnya untuk membangun kesadaran dan pengetahuan para anggota pramuka tentang produk obat dan makanan yang aman serta sehat.

"Sosialisasi kali ini kami bersinergi dengan Kwarcab Gerakan Pramuka di Kepulauan Seribu. BBPOM tidak dapat berjalan sendiri tanpa bantuan masyarakat, seperti kakak-kakak pramuka ini," bebernya.

Ia menambahkan, dalam kegiatan ini anggota pramuka diberikan pemahaman terkait tiga Saka POM yakni, Krida Pengujian Sederhana Obat dan Makanan, Krida Pemantauan Obat dan Makanan, serta Krida Informasi Obat dan Makanan.

Selain itu, mereka juga diberikan simulasi cara pengujian pangan dengan rapid test kit (uji cepat), penggunaan aplikasi pramuka SAPA, aplikasi BPOM Mobile, serta menjadi generasi cerdas dengan menerapkan cek KLIK (kemasan, label, izin edar, kedaluwarsa).

"Terima kasih kepada anggota pramuka yang sudah mengikuti sosialisasi ini. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat bermanfaat untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2108 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1764 personNurito
  3. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1346 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Dinkes Gelar Serangkaian Acara Peringatan Hari Farmasi Sedunia

    access_time25-09-2024 remove_red_eye1314 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Pemprov DKI Raih Peringkat Pertama Penghargaan Anindhita Wistara Data BPS

    access_time26-09-2024 remove_red_eye975 personFolmer