You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
100 Pelajar SDN Pulau Panggang 02 Pagi Diberikan Edukasi Rabies
.
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Pelajar di SDN Pulau Panggang 02 Pagi Diedukasi Penyakit Rabies

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta bersama Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu mengadakan kegiatan Komunikasi, Edukasi dan Informasi (KIE) penyakit Rabies di SD Negeri Pulau Panggang 02 Pagi, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Te rhindar dari rabies

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas KPKP DKI Jakarta, Rismiati mengatakan, KIE merupakan kegiatan rutin tahunan dalam rangka Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day) yang diperingati setiap 28 September mendatang.

"KIE tentang penyakit rabies ini dilaksanakan di seluruh wilayah lima kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu. Sasarannya para pelajar agar terhindar dari rabies," ujarnya, Kamis (19/9).

26 HPR di Kelurahan Pulo Divaksin Rabies

Rismiati menjelaskan, KIE di SDN Pulau Panggang 02 Pagi diikuti 100 pelajar dari Kelas III sampai V. Mereka diberikan pemahaman tentang penyebab rabies, cara penularan, hewan penular rabies, hingga pencegahan rabies terhadap hewan penular.

"Pada kegiatan ini kami bersinergi dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan serta pelaku usaha peternakan dan kesehatan hewan," terangnya.

Ia berharap, melalui kegiatan ini anak-anak menjadi duta informasi tentang penyakit rabies di keluarga maupun di lingkungannya. Sebab, penyebaran penyakit rabies ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi seluruh elemen masyarakat.

"Melalui kegiatan ini Pemprov DKI Jakarta juga bertekad mempertahankan status sebagai daerah bebas rabies sejak 2004 silam," ungkapnya.

Kepala SDN Pulau Panggang 02 Pagi, Basuki menyambut baik dan berterima kasih kepada pihak terkait yang telah mengadakan KIE di sekolahnya.

Menurutnya, edukasi ini sangat positif dan bermanfaat agar anak-anak tahu tentang bahaya rabies dan langkah penanganan apabila tergigit hewan penular rabies.

"Awalnya yang saya ketahui rabies hanya pada anjing ternyata hewan kucing juga termasuk. Sedangkan di Pulau ini banyak kucing, semoga dengan edukasi ini kita bisa lebih peduli," ucapnya.

Sementara itu, salah seorang pelajar kelas 5 SDN Pulau Panggang 02 Pagi, Chika Syafa'a Fauziah (11) mengaku senang bisa mengetahui lebih banyak tentang penyakit dan pencegahan rabies.

"Kami juga diberikan goodie bag dan makanan hewan. Terima kasih kepada semuanya, pengetahuan saya menjadi bertambah. Dokter yang menjelaskan paparan juga sangat jelas, kita diajak untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Naik MRT, Transjakarta dan LRT Jakarta Hanya Rp1 pada Hari Pelantikan Presiden

    access_time18-10-2024 remove_red_eye3757 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Simak! Ini Rekayasa Lalu Lintas saat Pelantikan Presiden 20 Oktober

    access_time18-10-2024 remove_red_eye1456 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Selama Peparnas XVII, Bus Sekolah Layani 801 Penumpang

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1308 personNurito
  4. Kebakaran di Jalan Kemang Timur Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time17-10-2024 remove_red_eye1229 personTiyo Surya Sakti
  5. Festival Literasi Jakarta 2024, Dorong Budaya Baca dan Bentuk Generasi Emas

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1007 personAldi Geri Lumban Tobing