You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
parkir meter
.
photo doc - Beritajakarta.id

19 Lokasi akan Dipasang Parkir Meter

Upaya mengatasi parkir liar di ibu kota terus dilakukan. Salah satunya dengan memasang Terminal Parkir Elektronik (TPE) atau parkir meter. Rencananya, Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta akan memasang alat tersebut di 19 lokasi yang selama ini dijadikan lahan parkir liar.

Penertiban dan sanksi tegas juga belum memberikan efek jera. Maka perlu. Diterapkan sistem TPE di sejumlah lokasi

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, Andri Yansah mengatakan, parkir meter merupakan salah satu strategi untuk mengatasi parkir liar. Sebab, uang parkir yang selama ini menguap, dapat masuk ke kas negara. Ini akan menjadi nilai tambah pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir. Saat ini uji coba parkir meter baru diterapkan  di 3 lokasi. Yakni di kawasan Kelapa Gading (Jakarta Utara), Jl Fatahilah (Jakarta Barat) dan Jl Sabang (Jakarta Pusat).

"Kita amati selama ini, untuk menertibkan parkir liar, sampai kapan pun susah. Karena begitu petugas lengah, ada saja oknum-oknum yang memanfaatkan parkir liar. Penertiban dan sanksi tegas juga belum memberikan efek jera. Maka perlu. Diterapkan sistem TPE di sejumlah lokasi," ujar Andri Yansah, Kamis (13/8).

Pendapatan Parkir Meter Kelapa Gading Rp 45 Juta/Hari

Untuk tahap awal, kata Andri, parkir meter akan dipasang di 19 lokasi, dengan jumlah mesin sebanyak 300 unit. Pemasangan parkir meter ini bekerja sama dengan pihak swasta, khususnya dalam penyiapan mesin, sedangkan lahan dari Pemprov DKI. Menyusul kemudian akan dipasang di 378 lokasi. Penerapan parkir meter ini mengacu pada Pergub nomor 64/2011 tentang titik Parkir On Stret.

Selain itu, kawasan parkir meter akan dilengkapi dengan circuit close television (CCTV). Sehingga jika petugas parkir masih meminta uang parkir akan dikenakan sanksi tegas. Mulai dari teguran lisan, tertulis hingga pemutusan hubungan kerja.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1212 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1035 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye815 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye769 personBudhi Firmansyah Surapati