You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
200 Pengelola Gedung di Jakpus Disosialisasikan Pemanfaatan PLTS
....
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

200 Pengelola Gedung di Jakpus Disosialisasikan Pemanfaatan PLTS

Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) Jakarta Pusat, Senin (21/10), mensosialisasikan program konservasi dan efisiensi energi melalui pemanfaatan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) kepada 200 pengelola gedung.

"P emanfaatan PLTS ini sesuatu yang dibutuhkan," 

Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma mengatakan, konservasi energi dengan memanfaatkan PLTS ini sejalan dengan upaya mewujudkan Jakarta sebagai Top 20 Global City.

"Salah satu aspek yang dinilai global city ialah keberlanjutan dan mampu beradaptasi dengan perubahan iklim. Karena itu pemanfaatan PLTS ini sesuatu yang dibutuhkan," katanya.

PLTS di SMKN 54 Resmi Dioperasionalkan

Dilanjutkan Dhany, pemanfaatan PLTS sebagai konversi energi bila dimanfaatkan secara massif akan berdampak signifikan terhadap pengurangan emisi karbon.

Menurut Dhany, Jakarta Pusat merupakan kawasan yang banyak terdapat gedung tinggi dan ideal dijadikan pilot project pemanfaatan PLTS atap gedung. Kemudian, beberapa sekolah di Jakarta Pusat menurutnya juga telah memanfaatkan PLTS sebagai sumber energi listrik mereka.

"Kebijakan perizinan nantinya kita akan mendorong setiap gedung memiliki PLTS. Sejumlah OPD telah kita sosialisasikan penerapan PLTS," tegasnya.

Kepala Suku Dinas Nakertransgi Jakarta Pusat, Noviar Dinariyanti mengatakan, kegiatan sosialisasi ini sesuai dengan sejumlah regulasi Seperi UU No 30 tahun 2007 tentang energi, UU No 30 tahun 2009 tentang energi kelistrikan, Permen No 79 tahun 2014 tentang kebijakan energi nasional dan Permen No 33 tahun 2023 tentang konservasi energi.

"Kami berharap sosialisasi ini bisa memberikan gambaran yang utuh tentang pemanfaatan PLTS ke para pengelola gedung," ujarnya.

Dijelaskan Noviar, sebanyak 200 peserta sosialisasi ini terdiri dari unsur pengelola gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, rumah sakit dan apartemen. Dalam sosialisasi ini, juga disampaikan materi terkait teknis pemasangan dan pemeliharaan PLTS.

Diharapkannya, sosialisasi akan menggugah para pengelola untuk beralih memanfaatkan PLTS atap gedung dan melakukan konservasi energi untuk mengurasi emisi karbon. Sebab, dari setiap kilowat listrik yang dihasilkan melalui energi fosil akan menghasilkan emisi hingga 7 kilogram Co2.

"Kami berharap pemanfaatan PLTS atap gedung yang massif nantinya bisa mengefisiensikan energi," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Naik MRT, Transjakarta dan LRT Jakarta Hanya Rp1 pada Hari Pelantikan Presiden

    access_time18-10-2024 remove_red_eye3751 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Simak! Ini Rekayasa Lalu Lintas saat Pelantikan Presiden 20 Oktober

    access_time18-10-2024 remove_red_eye1449 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Selama Peparnas XVII, Bus Sekolah Layani 801 Penumpang

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1304 personNurito
  4. Kebakaran di Jalan Kemang Timur Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time17-10-2024 remove_red_eye1224 personTiyo Surya Sakti
  5. Festival Literasi Jakarta 2024, Dorong Budaya Baca dan Bentuk Generasi Emas

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1003 personAldi Geri Lumban Tobing