Mobil SAPA Dekatkan Layanan Konseling kepada Masyarakat
Dinas Pemberdayaan
Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Provinsi DKI Jakarta menggandeng PT Hanwha Life Indonesia untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan, anak dan keluarga di Jakarta."M enjangkau masyarakat yang membutuhkan bantuan konseling,"
Melalui kolaborasi bersama Save the Children dan NFDMC, PT Hanwha Life Indonesia memberikan hibah dua unit Mobil Layanan Konseling Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA).
Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Mochammad Miftahulloh Tamary mengatakan, keberadaan Mobil SAPA bertujuan memberikan layanan konsultasi langsung untuk keluarga, terutama terkait kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.
Pos Pengaduan Daring Dinas PPAPP DKI Beroperasi EfektifIa menyampaikan, layanan ini akan ditangani oleh konselor profesional dari Pusat Pelayanan Keluarga (PUSPA) dan Pusat Perlindungan Perempuan dan Anak (PPPA).
“Mobil ini menjadi sarana penting untuk menjangkau masyarakat yang membutuhkan bantuan konseling di berbagai wilayah Jakarta,” ujar Miftah, pada acara Serah Terima Mobil SAPA di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (16/1).
Ia menjelaskan, selain memberikan layanan konsultasi, Mobil SAPA juga berfungsi sebagai media komunikasi dan edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya perlindungan perempuan dan anak.
“Program ini sejalan dengan upaya pemerintah provinsi dalam menciptakan lingkungan yang aman, ramah, dan mendukung hak-hak perempuan serta anak,” katanya.
Miftah mengatakan, keberadaan Mobil SAPA merupakan bagian dari Program Peningkatan Kualitas Keluarga yang bertujuan memberikan layanan komprehensif bagi masyarakat. Fokus utamanya adalah menciptakan kesetaraan gender, mengatasi berbagai isu kekerasan dalam rumah tangga, serta meningkatkan kesejahteraan perempuan dan anak di Jakarta.
“Dengan layanan yang bersifat mobile, program ini diharapkan dapat menjangkau masyarakat hingga ke pelosok wilayah ibu kota,” ucapnya.
Miftah menyampaikan, Mobil SAPA mampu mendekatkan layanan konseling kepada masyarakat yang selama ini sulit mengakses fasilitas tersebut.
Ia menjelaskan, layanan ini tidak hanya ditujukan untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi, tetapi juga membantu mencegah kasus-kasus kekerasan melalui edukasi dan penyuluhan langsung.
Miftha menambahkan, dengan sinergi berbagai pihak, upaya ini menjadi bagian dari visi bersama untuk membangun Jakarta yang lebih ramah dan berkeadilan sosial.
“Melalui langkah ini, pemerintah berharap masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas Mobil SAPA secara optimal. Program ini juga diharapkan menjadi inspirasi bagi pihak lain untuk turut berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang lebih aman, maju dan sejahtera bagi perempuan dan anak di Jakarta,” tandasnya.