You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Kembangan Pariwisata Kepulauan Seribu Ahok Gandeng Jakpro
.
photo Erna Martiyanti - Beritajakarta.id

Ahok Gandeng Jakpro Kembangkan Wisata Pulau Seribu

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengembangkan pariwisata di Kepulauan Seribu menjadi bertaraf internasional. Sebab, banyak potensi wisata yang masih belum dikembagkan.

Kami membangun kawasan Pulau Seribu dengan Jakpro. Karena Jakpro ini tempatnya konglomerat

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku akan menggandeng PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk pengembangan pariwisata di Kepulauan Seribu.

"Kami membangun kawasan Pulau Seribu dengan Jakpro. Karena Jakpro ini tempatnya konglomerat," kata Ahok, saat melakukan pertemuan bersama Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli dan Menteri Pariwisata Arief Yahya, di Gedung BPPT, Jakarta Pusat, Rabu (19/8).

131 Pendatang dan Pekerja di Kepulauan Seribu Dapat SKDS

Untuk menunjang program tersebut, juga akan dibangun bandar udara di Pulau Panjang. Bandara itu sebenarnya sudah ada, namun tidak berfungsi dan terbengkalai.

Menurut Ahok, pihaknya akan mengembangkan pariwisata di Kepulauan Seribu seperti di Singapura, Bangkok, Maldives, dan negara lainnya. Sehingga diharapkan warga kelas menengah dan kaum jetset Indonesia tidak perlu lagi mengunjungi negara-negara tersebut.

"Nanti dibuat reklamasi dari Pulau Panjang, membuat vila di sana. Sehingga nelayan kecil bisa menikmatinya," ucap Basuki.

Jakpro juga akan bekerja sama dengan PLN dan Pertamina untuk membangun pembangkit listrik tenaga gas (PLTG). Meskipun akan dibangun banyak vila di Pulau Panjang, 100 persen sertifikat tetap kepemilikan Pemprov DKI.

Menko Kemaritiman, Rizal Ramli mengungkapkan, pengembangan wisata maritim di Kepulauan Seribu merupakan keinginan Presiden Joko Widodo. Kementeriannya mendukung penuh langkah Pemprov DKI membangun bandara, pelabuhan, PLTG, penginapan, pengelolaan sampah, hingga air bersih di Kepulauan Seribu.

Bahkan, pemerintah pusat akan membantu pembangunan bandara di Pulau Panjang. Landasan pacu akan diperpanjang dari 800 meter menjadi 1.500 meter. Infrastruktur tersebut akan dilengkapi dengan pembangunan beberapa pelabuhan di Kepulauan Seribu.

"Pesawat terbang yang agak besar itu masuk ke landasan pacu. Setelah turun, wisatawan bisa langsung naik yacht di dermaga Pulau Panjang. Jangan sampai pembangkit listriknya tidak disediakan, karena tidak mungkin daerah wisata gelap-gelapan. Wisatawan juga diingatkan tidak merusak terumbu karang," ungkap Rizal.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1225 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1140 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1125 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1058 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1015 personAldi Geri Lumban Tobing