You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Reog Ponorogo Jakut akan Ikut Festival Reog se-Jabodetabek
.
photo TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id

Wali Kota Jakut Dukung Grup Reog Ikuti Piala Gubernur

Salah satu dari tiga komunitas Reog Ponorogo yang terdapat di Jakarta Utara, akan diikutsertakan dalam Festival Reog Se-Jabodetabek 2016 yang memperebutkan Piala Gubernur DKI Jakarta.

Di Jabodetabek terdapat 100 lebih perkumpulan Reog Ponorogo dengan berbagai nama

“Di Jabodetabek terdapat 100 lebih perkumpulan Reog Ponorogo dengan berbagai nama. Sebanyak tiga grup terdapat di Jakarta Utara dan masih eksis sampai saat ini,” kata S Nojeng, Wakil Ketua Komunitas Reog Ponorogo (KRP), usai bertemu Wali Kota Jakarta, Rustam Effendi, Jumat (28/8).

Adapun  tiga kelompok reog yang ada di Jakarta Utara yakni Singo Menggolo di Kampung Bahari (Kelurahan Tanjung Priok), Singo Wiroyudo di Komplek  TNI AD  Arhanudse-6 (Kelurahan Kebon Bawang) dan  Singo Budoyo Mudo (Kelurahan Sungai Bambu). Setiap kelompok kesenian reog terdiri dari 40-50 orang

Djarot Harapkan Budaya Betawi Masuk Kurikulum

“Kami mohon doa restu agar sukses dan mudah-mudahan keluar sebagai juara. Kami minta dukungan moral dari Wali Kota Jakarta Utara,” ujar Nojeng yang didampingi Sekretaris KRP, M Syaiful Jihad.

Sementara itu, Rustam Effendi menyampaikan apresiasinya atas adanya kesenian reog di Jakarta Utara. Keberadaan reog, kata Rustam, menandakan adanya warna seni di Jakarta Utara.

“Tentunya kita harus bisa melestarikan kepada masyarakat, jangan sampai budaya kita malah diakui oleh orang lain,” tutur Rustam.

Rustam meminta Bagian Umum dan Protokol serta Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Utara, agar menampilkan Reog Ponorogo pada event tertentu.

“Agar seluruh kesenian yang ada di Jakarta Utara, salah satunya Reog Ponorogo, tetap berjalan, saya berharap agar Sudin Pariwisata juga memberikan bantuan peralatan atau penunjang  kesenian tersebut,” tandas Rustam.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1224 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1123 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1096 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1057 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye987 personAldi Geri Lumban Tobing