You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Proyek Sodetan Ciliwung-KBT Terkendala Pembebasan Lahan di Bidara Cina
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Sodetan Ciliwung-KBT Masih Terkendala Pembebasan Lahan

Proyek sodetan Sungai Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur (KBT) yang dikerjakan pemerintah pusat terkendala pembebasan lahan di wilayah Bidara Cina, Jakarta Timur. Ini membuat proyek tersebut terhenti untuk sementara.

Line pertama sudah kami kerjakan sepanjang 64 meter, dan line kedua baru setengah jalan dari panjang sekitar 1,27 Kilometer. Itu terhenti di Bidara Cina karena belum dibebaskan

"Line pertama sudah kami kerjakan sepanjang 64 meter, dan line kedua baru setengah jalan dari panjang sekitar 1,27 Kilometer. Itu terhenti di Bidara Cina karena belum dibebaskan," ujar Teuku Iskandar, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), Selasa (8/9).

Iskandar mengatakan, memang untuk anggaran pembebasan lahan di sepanjang proyek sodetan Sungai Ciliwung-KBT berada di Kementerian Pekerjaan Umum. Namun koordinasi sosial ke masyarakat merupakan tugas dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Oktober, Pembebasan Lahan Sodetan Ciliwung Ditargetkan Rampung

Dari rencana, ada tiga lokasi proyek sodetan ini. Pertama daerah Kebon Nanas yang menjadi tempat keluarnya air menuju Kalimalang. Kedua, Jalan Otista 3 yang menjadi lokasi pertengahan. "Dan yang ketiga yaitu Bidara Cina sebagai tempat keluar masuknya air di sisi Sungai Ciliwung," ucapnya.

Menurut Iskandar, apabila pembebasan lahan di Bidara Cina dapat diselesaikan pada September ini, pihaknya akan memulai pengerjaan pemasangan alat pengeboran segera. Itu pun diprediksi bisa memakan waktu 3,5 bulan. "Progressnya sekarang sudah berjalan 45 persen, dari Kebon Nanas berhenti di Bidara Cina. Nanti kalau sudah beres pembebasan lahan, pengerjaan langsung dilanjutkan ke Otista 3," katanya.

Proyek sodetan Sungai Ciliwung-KBT, lanjut Iskandar, merupakan bagian dari program pengendalian banjir di Ibukota Jakarta. Dengan cara membuat saluran terowongan bawah tanah yang menghubungkan Sungai Ciliwung-KBT melalui Kali Cipinang. "Kami juga pasang sheet pile di kawasan Kampung Pulo sampai Kampung Melayu. Mudah-mudahan akhir tahun ini rampung," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1107 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye874 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye785 personBudhi Firmansyah Surapati