You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pemotongan Kurban di Sekolah Boleh dengan Pengawasan
.
photo doc - Beritajakarta.id

Pemotongan Kurban di Sekolah Harus Dengan Pengawasan

Pemotongan hewan kurban di lingkungan sekolah diperbolehkan saat hari raya keagamaan. Pengawasan dari pihak berwenang juga harus disertakan dalam proses pemotongan hewan kurban.

Di Instruksi Gubernur nomor 168 tahun 2015, sebenarnya kita tidak melarang pemotongan hewan kurban di sekolah. Boleh, tapi harus di bawah pengawasan

"Di Instruksi Gubernur nomor 168 tahun 2015, sebenarnya kita tidak melarang pemotongan hewan kurban di sekolah. Boleh, tapi harus di bawah pengawasan," kata Darjamuni, Kepala Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta, di Balai Kota DKI, Rabu (9/9).

Menurut Darjamuni, ini merupakan hasil pertimbangan dan evaluasi dari kebijakan pada Idul Adha 2014 lalu. "Tahun lalu kan jadi masalah waktu kita melarang. Padahal niat kita baik untuk kurangi dampak negatifnya. Akhirnya pada tahun ini dihilangkan, tapi semua pemotongan harus di bawah pengawasan kita," tuturnya.

Basuki Minta Pemotongan Hewan Kurban Dilakukan di RPH

Darjamuni mengatakan, dampak negatif pemotongan hewan di lingkungan sekolah antara lain timbulnya penyakit. Ini diakibatkan darah hewan kurban yang tidak ditempatkan dengan baik, dan juga kotoran dari hewan. "Belum lagi dampak trauma dan ketakutan bagi anak-anak yang saat itu menyaksikan pemotongan," katanya.

Darjamuni juga menegaskan, kebijakan ini hanya diperbolehkan saat hari raya keagamaan. Dan jika diluar itu, pemotongan hewan harus dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH). "Karena di hari keagamaan, pemotongan hewan kurban boleh di sekolah. Tapi kalau bukan di hari keagamaan tidak boleh, harus ke RPH," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1213 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1035 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye818 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye769 personBudhi Firmansyah Surapati