You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
UPT Laboratorium Kebakaran akan Berstandar Internasional
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

UPT Laboratorium Kebakaran akan Berstandar Internasional

Untuk melindungi konsumen dari aspek keandalan, mutu serta keselamatan,  Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, berupaya mendapatkan standar internasional, ISO 17025.

Standar ini berisi semua persyaratan yang harus dipenuhi oleh laboratorium pengujian dan kalibrasi

Kepala UPT Laboratorium Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Hardisiswan mengatakan, ISO 17025 merupakan perpaduan antara persyaratan manajemen dan persyaratan teknis yang harus dipenuhi oleh laboratorium pengujian dan kalibrasi.

"Standar ini berisi semua persyaratan yang harus dipenuhi oleh laboratorium pengujian dan kalibrasi jika mereka ingin menunjukkan bahwa mereka mengoperasikan suatu sistem mutu, secara teknis, kompeten dan mampu menyajikan hasil yang secara teknis diakui," beber Hardisiswan, Jumat (25/9).

Pusdiklat PKP DKI Raih ISO 9001-2008

Ditambahkan dia, peranan laboratorium sangat menentukan dalam proses pengendalian mutu dan penjaminan produk yang dihasilkan. "Maka, standardisasi merupakan persyaratan mutlak bagi suatu produk untuk dapat bersaing di pasar global," ujarnya.

Ditambahkan Hardisiswan, salah satu lembaga akreditasi di Indonesia yang berwenang melakukan akreditasi adalah Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Sertifikat untuk laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi yang dikeluarkan oleh KAN, lanjut Hardisiswan, sudah diakui oleh negara-negara di dunia.

"Akreditasi ini perlu, mengingat ketatnya persaingan pasar global dan mengingat tingginya kepedulian konsumen terhadap hak-haknya yang pada akhirnya menempatkan laboratorium sebagai satu mata rantai pengendalian mutu," tutur Hardisiswan.

UPT Laboratorium Kebakaran dan Penyelamatan yang merupakan satu-satunya laboratorium di Indonesia yang melaksanakan pengujian bahan, peralatan proteksi dan penanggulangan kebakaran untuk sertifikasi mutu produk.

"Kita melakukan pengujian mutu sarana penanggulangan dan peralatan proteksi kebakaran itu terkait dengan keselamatan. Maka itu, yang beredar di pasaran harus sesuai mutu. Untuk itu, kita dalam menuju ISO 17025 guna meningkatkan pelayanan. Kita sedang menyiapkan proses akreditasi," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Transjakarta Gelar Festival Health and Beauty di Halte CSW

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3908 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. 106 Warga RW 06 Pengadegan Manfaatkan Layanan Jemput Bola Adminduk

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3493 personTiyo Surya Sakti
  3. Rintik Hujan Diprediksi Basahi Sejumlah Wilayah di Jakarta Hari Ini

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3312 personAnita Karyati
  4. Warga Apresiasi Penataan Kawasan di Kelurahan Petamburan

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3255 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. Kebakaran di Kelurahan Tengah Dipicu Arus Pendek Listrik

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3249 personNurito