You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
pengawasan jaktim nurito
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Penularan Rabies dari Liur dan Otak Hewan

Penularan penyakit rabies dari hewan anjing, dapat melalui air liur dan otak anjing yang masuk ke tubuh manusia melalui goresan luka. Virus akan masuk ke otak manusia melalui sel-sel darah. Biasanya penderita rabies dalam waktu satu minggu meninggal dunia. Sejauh ini belum ditemukan obat penyembuh penyakit rabies.

Jadi penularan rabies itu bukan karena manusia mengonsumsi daging anjing atau kera

Kepala Seksi Peternakan Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Pusat, Hasudungan Sidabalok mengatakan, apabila bagian tubuh manusia ada lukanya, maka akan cepat terserang penyakit rabies. Dengan catatan jika air liur atau otak hewan penular rabies itu tumpah dan masuk ke bagian tubuh yang luka tadi.

Jadi penularan rabies itu bukan karena manusia mengonsumsi daging anjing atau kera. Akan tetapi saat melakukan pemotongan hewannya. Bisa jadi terkena air liur atau otak yang berceceran kemudian menempel di bagian tubuh yang luka,” ujar Hasudungan, Rabu (30/9).

Basuki Tak Pernah Legalkan Konsumsi Daging Anjing

Pemotongan anjing yang salah, biasanya memicu pecahnya otak. Sebab anjing biasanya dipukuli kepalanya hingga pecah. Jika otaknya sampai berhamburan keluar dan ternyata hewan tersebut mengidap rabies maka akan sangat berbahaya bagi orang yang di sekelilingnya. Penyakit rabies akan cepat menularnya dair air liur maupun otak yang berceceran itu.

Karenanya untuk mencegah hal itu terjadi, pihaknya akan memperketat melakukan pengawasan tempat-tempat penjualan daging. Jika ditemukan adanya tempat pemotongan anjing maka pihaknya akan melakukan pemeriksaan ekstra ketat. Hal ini untuk mencegah timbulnya penyakit rabies di masyarakat.

Selain mengawasi daging anjing, razia terhadap anjing liar juga akan kembali dilakukan. Seluruh anjing liar yang tertangkap itu akan dimasukkan ke karantina Balai Kesehatan Hewan Ikan di kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1233 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1228 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1174 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1141 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1065 personNurito