You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pembangunan Pipa Terowongan Sodetan Ciliwung-KBT Capai 50 Persen
.
photo Ilustrasi - Beritajakarta.id

Pembangunan Pipa Terowongan Sodetan Ciliwung-KBT Capai 50 Persen

Pengerjaan pembangunan terowongan sodetan Ciliwung-Kanal Banjr Timur (KBT), telah mencapai lima puluh persen dari total panjang sekitar 1,2 kilometer yang direncanakan. Saat ini, pembangunan line kedua terowongan dari bagian outlet di Kebon Nanas, Kelurahan Cipinang Besar Selatan, hingga arriving shaft di Jalan Otista III, Kelurahan Cipinang Cempedak, Jatinegara, rampung dilaksanakan.

Saat ini dua line sudah terpasang sepanjang 600 meter

Sebelumnya, pembangunan line kesatu sudah lebih dahulu dikerjakan dan rampung Juni 2015 lalu. Selanjutnya, penembusan dari arriving shaft menuju bagian inlet akan menunggu selesainya pembebasan lahan dari bangunan warga.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera), Basuki Hadimuljono mengatakan, secara teknis, pembangunan terowongan sodetan Ciliwung-KBT sepanjang sekitar 1,2 kilometer membutuhkan waktu pengerjaan selama delapan bulan. Saat ini, setengahnya sudah rampung dikerjakan dengan waktu pengerjaan selama empat bulan.

Sodetan di Pondok Pinang Alami Pendangkalan

"Saat ini dua line sudah terpasang sepanjang 600 meter. Kalau akhir bulan ini rampung, pengerjaan selanjutnya tinggal menyambungkan dari arriving shaft ke inlet," ujarnya, Senin (12/10).

Untuk lanjutan pengerjaan, Basuki mengaku sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta. Sebab, untuk menuntaskan pengerjaan, pihaknya membutuhkan lahan di bagian inlet yang masih diduduki warga Bidara Cina.

Menurut Basuki, seluruh proyek inlet membutuhkan lahan sekitar 1,1 hektare di wilayah RW 04, 05 dan RW 14 Kelurahan Bidara Cina. Saat ini, sebagian di antara warga sudah mulai direlokasi ke Rumah Susun (Rusun) Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur.

"Saat sekitar 50 persen dari lahan yang dibutuhkan sudah mencapai kata sepakat dengan warga. Mudah-mudahan sisanya mencapai kata sepakat akhir bulan ini," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu Deklarasikan STBM

    access_time03-05-2024 remove_red_eye7090 personNurito
  2. Lebaran Betawi di Agro Cilangkap Berlangsung Meriah

    access_time04-05-2024 remove_red_eye3516 personNurito
  3. PT JIEP Bakal Bangun Masjid, Salah Satu yang Terbesar di Jakarta Timur

    access_time03-05-2024 remove_red_eye3504 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Yuk, Nobar Timnas versus Irak di Monas

    access_time02-05-2024 remove_red_eye3443 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. BMKG Prediksi Hari Ini Jakarta Dominan Berawan

    access_time03-05-2024 remove_red_eye3109 personAnita Karyati