You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sudin Kebersihan Jakut Hemat Anggaran Rp 9 Miliar
.
photo Bayu Suseno - Beritajakarta.id

Sudin Kebersihan Jakut Hemat Anggaran Rp 9 Miliar

Suku Dinas Kebersihan Jakarta Utara telah melakukan penghematan anggaran sebesar Rp 9 miliar. Anggaran tersebut dapat dihemat setelah pihak swasta tidak lagi dilibatkan dalam pengangkutan sampah di Kecamatan Pademangan, sejak Januari-Desember 2015.

Sedangkan lima kecamatan lain belum kami lakukan dan masih melibatkan swasta

Kasudin Kebersihan Jakarta Utara, Bondan Diah Ekowati mengatakan, selama ini pengangkutan sampah di Jakarta Utara dilakukan armada milik Sudin Kebersihan Jakarta Utara yang berjumlah 183 unit, dibantu armada swasta sebanyak 75 unit.

Selama ini, operasional pengangkutans sampah melibatkan pihak swasta menelan anggaran sebesar Rp 75 miliar setiap tahun. Setelah dihilangkan keterlibatan pihak swasta untuk mengangkut sampah di Kecamatan Pademangan yang dimulai sejak Januari lalu Suku Dinas Kebersihan Jakarta Utara telah melakukan penghematan anggaran sebesar Rp 9 miliar.

18 Ton Sampah Diangkut dari Sekitar Rel KA Tanjung Priok

“Sedangkan lima kecamatan lain belum kami lakukan dan masih melibatkan swasta. Artinya, kalau kebijakan yang sama tidak lagi melibatkan pihak swasta dalam pengangkutan sampah di kecamatan lain, tapi pengangkutan dilakukan oleh armada plat merah milik Sudin Kebersihan, maka saya pastikan penghematan uang negara akan lebih banyak lagi,” ujar Bondan, Selasa (13/10).

Untuk terus menghemat anggaran pengangkutan sampah tersebut, kata Bondan, terhitung awal Januari 2016 pihaknya akan menerapkan kebijakan untuk melakukan pengangkutan sampah di seluruh wilayah kecamatan lainnya, seperti Kecamatan Tanjung Priok, Koja, Kelapa Gading, Cilincing dan Penjaringan dengan tidak lagi melibatkan pihak swasta.

“Mulai awal tahun 2016, untuk pengakutan sampah di seluruh kecamatan di Jakarta Utara akan kami angkut sendiri dengan mengerahkan 183 armada milik Sudin Kebersihan. Dengan adanya penghematan dana yang cukup besar, kiranya dapat dialokasikan untuk membangun sekolah atau peningkatan kesehatan,” ungkap Bondan.

Rencananya, Suku Dinas Kebersihan Jakarta Utara akan mendapat tambahan armada sebanyak 60 unit dari Dinas Kebersihan DKI Jakarta. Selain itu, shovel yang berjumlah delapan unit juga akan ditambah tiga unit.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1049 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye935 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye916 personAldi Geri Lumban Tobing