You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
3 Pulau Konservasi akan Dibangun PLTS
.
photo Ilustrasi - Beritajakarta.id

PLTS akan Dibangun di Tiga Pulau Konservasi

Dinas Perindustrian dan Energi (DPE) DKI Jakarta akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di tiga pulau konservasi yang terdapat di wilayah Kepulauan Seribu. Rencananya, pembangunan dimulai pada 2016 mendatang.

Pak Gubernur minta di Kepulauan Seribu kan ada tiga pulau konservasi, yaitu Pulau Onrust, Kelor dan Cipir. Nanti‎ itu akan pakai PLTS di situ

"Pak Gubernur minta di Kepulauan Seribu kan ada tiga pulau konservasi, yaitu Pulau Onrust, Kelor dan Cipir. Nanti‎ itu akan pakai PLTS di situ," ujar Elisabeth Ratu, RA, Kepala Bidang Pengelolaan Energi Listrik Minyak dan Gas DPE DKI, Jumat (16/10).

Ratu mengatakan, penggunaan PLTS di sana karena dianggap lebih murah ketimbang menggunakan listrik dari kabel bawah laut yang dibangun PT PLN. Ketiga pulau itu juga dipilih lantaran tidak berpenghuni, dan selama ini tidak dijangkau PLN.

Gardu Listrik Berasap, PLN Minta Maaf ke DKI

"Kebetulan pulau itu tidak berpenghuni. Makanya tidak pakai listrik PLN, mahal kan. PLTS ini memang gunanya untuk lokasi-lokasi yang tidak terjangkau oleh PLN," ucapnya.

Menurut Ratu, di pulau-pulau itu, pihaknya berencana akan membangun PLTS kurang lebih di 150 titik. Keberadaan PLTS di ketiga pulau tersebut nantinya difungsikan untuk menerangi dermaga, jalan dan tempat transit kapal.

"Jadi itu yang menjadi konsen kita sekarang. Tiga pulau tersebut lokasinya cukup jauh dan belum ada jaringan. Jadi hemat pakai PLTS. Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa direalisasikan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best CSR Award 2024

    access_time08-05-2024 remove_red_eye5553 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Pekan Imunisasi Dunia Digelar di RPTRA Susukan Ceria

    access_time08-05-2024 remove_red_eye4715 personNurito
  3. Transjakarta Gelar Festival Health and Beauty di Halte CSW

    access_time09-05-2024 remove_red_eye3877 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Juru Parkir Liar di Minimarket Bakal Ditertibkan

    access_time08-05-2024 remove_red_eye3849 personBudhi Firmansyah Surapati
  5. BBPOM DKI Gelar Pelatihan Fasilitator Pasar

    access_time08-05-2024 remove_red_eye3748 personFolmer