You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 175 Unit Rusun Pinus Elok Alami Kebocoran
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

175 Unit Rusun Pinus Elok Bocor

Diduga akibat kerusakan instalasi pipa air mengakibatkan ratusan unit di Blok A dan Blok B Rumah Susun Pinus Elok, Kelurahan Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, mengalami kebocoran.

Pusing karena bocor, hujan nggak hujan bocor, begini saja setiap harinya

Kokom, salah satu penghuni Rusun Pinang Elok Blok B tower dua terpaksa mengakalinya dengan menggunakan metode sederhana, yakni membelah pipa paralon besar. Potongan pipa yang berbentuk cekungan itu disusun agar tetesan air mengalir ke satu titik di mana sudah disediakan tempat penampungan air.

2016, Dinas Perumahan & Gedung Pemda Bangun 150 RPTRA

"Bocornya dari pertama saya nempatin. Tapi baru kepikiran mengakalinya pas Lebaran kemarin. Pusing karena bocor, hujan nggak hujan bocor, begini saja setiap harinya. Pernah disurvei, tapi tidak pernah diperbaiki," keluh Kokom yang merupakan warga relokasi Waduk Ria Rio, Senin (26/10).

Hal senada diungkapkan Desi, seorang guru Paud Suryakasih dari Reachout Foundation. Menurutnya, kondisi yang sama pernah dialami bangunan tempatnya mengajar, bahkan setiap harinya dilakukan penyerokan karena lantai kerap tergenang air. Dia mengaku kebocoran sudah pernah diperbaiki tahun lalu, namun tak bertahan lama.

"Dulu itu bocornya parah, sampai setiap hari harus serokin air. Sebelumnya sudah pernah dibetulin, tapi sekarang air merembes lagi," kata Desi.

Afit, salah satu teknisi Rusun Pinus Elok mengungkapkan, berdasarkan hasil pendataan, dari 800 unit rusun, 175 unit diantaranya mengalami kebocoran.

Afit menjelaskan, Rusun Pinus Elok terdiri dari tower A sebanyak 600 unit dan toer B 200 unit.

"Banyak dari nat keramik yang sudah rusak karena pengaruh usia. Terus waktu pembangunan gedung pemasangan instalasi pipa dengan floor drain tidak pas. Kalau untuk rembesan, bawah kloset waktu pengerjaan proyek pembangunannya kurang plesteran," ungkap Afit.

Ditambahkan Afit, masalah kebocoran pipa saluran air di sisi tower dikarenakan terjadinya penyumbatan bercampur bahan kimia seperti sabun, sisa minyak, makanan, rambut, sehingga mengakibatkan tersumbat lalu berkerak.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1229 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1162 personTiyo Surya Sakti
  3. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1155 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1134 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1062 personNurito