You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pengidap HIV/AIDS Terbanyak di Kawasan Padat Penduduk
.
photo Septradi Setiawan - Beritajakarta.id

Pengidap HIV/AIDS Terbanyak di Kawasan Padat Penduduk

Selama periode Januari-Juni, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Jakarta Barat mencatat, sebanyak 378 warga mengidap penyakit HIV/AIDS. Penderita terbanyak tinggal di kawasan padat penduduk, yakni Kecamatan Tambora, Taman Sari dan Cengkareng.

Pengendalian penyebaran HIV/AIDS ini tidak bisa dilimpahkan kepada satu pihak saja, karena masih banyak masyarakat yang tidak memahami penyakit ini

Pengelola Program Monitoring dan Evaluasi Komisi Penanggulangan AIDS Jakarta Barat, Windi Astuti mengatakan, selain akibat penggunaan narkoba, rata -rata penderita HIV/AIDS di wilayah ini memiliki kebiasaan buruk, seperti heteroseksual.

"Maksudnya tektok gaya seks bebas, seperti bola pingpong. Jadi Laki-laki normal main dengan waria, seorang gay main sama istri sendiri, sehingga dia lupa ada virus yang sedang menjalar," kata Windi, Kamis (29/10).

Penderita HIV/AIDS di Jakut Menurun

Windi mengungkapkan, kasus HIV/AIDS ibarat gunung es, karena penderita yang berhasil terdata baru sebagian kecil, sementara penderita yang belum terdata masih banyak menularkan penyakit berbahaya itu kepada orang lain.

Untuk itu, kata Windi, pihaknya terus berupaya menekan angka penderita dengan meningkatkan kesadaran warga untuk tidak melakukan seks bebas, bagi pemakai narkoba tidak menggunakan jarum bergantian dan lainnya.

"Pengendalian penyebaran HIV/AIDS ini tidak bisa dilimpahkan kepada satu pihak saja, karena masih banyak masyarakat yang tidak memahami penyakit ini. Untuk itu harus dilakukan kerjasama dengan semua pihak," ujar Windi.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1209 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1087 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1031 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye782 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye765 personBudhi Firmansyah Surapati