You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Satpoll PP Jaktim Berhasil Amankan 6 Manusia Gerobak
.
photo Jhon Syah Putra Kaban - Beritajakarta.id

6 Manusia Gerobak Terjaring di Jaktim

Sebanyak 6 orang manusia gerobak terjaring razia Satpol PP Jakarta Timur di bawah Flyover Pondok Bambu, Jakarta Timur. Keberadaan mereka dinilai mengganggu lingkungan, sehingga petugas terpaksa menyita gerobak-gerobak tersebut yang selama ini digunakan untuk mencari nafkah.

Kita berhasil mengamankan 6 gerobak. Tapi sebenarnya masih ada 8 koordinator lagi yang menyewakan gerobak yang belum tertangkap

"Kita berhasil mengamankan 6 gerobak. Tapi sebenarnya masih ada 8 koordinator lagi yang menyewakan gerobak yang belum tertangkap," ujar Agus Sidik, Kasie Sarana Kota Satpol PP Jakarta Timur, Selasa (6/5).

Menurutnya, permasalahan manusia gerobak di Jakarta Timur sulit diselesaikan. Sebab, ada koordinator yang berbisnis menyewakan gerobak seharga Rp 7-15 ribu per gerobak. Ia menyebutkan, kampung penyewaan gerobak tersebut terdapat di RT 01/RW 01, Klender, Jakarta Timur. Di kampung ini ada koordinator sebanyak 8 orang. Mereka menyewakan gerobak tersebut dengan sistem sewa harian. Bahkan, mereka juga membeli gerobak jadi seharga Rp 150-200 ribu per unit.

Lokasi Rawan PMKS Dijaga Petugas

Diakuinya saat penangkapan didapatkan informasi salah satu pemilik tempat penyewaan gerobak itu bernama Abdul Rohim yang diketahui memiliki karyawan sebanyak 6 orang. Satpol PP langsung mengamankan semua gerobak yang dimilikinya tersebut untuk dibawa ke gudang di daerah Cakung, Jakarta Timur. Sedangkan pemiliknya diberi peringatan saja. Namun, jika mereka tertangkap lagi mereka segera diserahkan ke panti sosial di Cipayung.

Sementara itu, Kasudin Sosial Jakarta Timur, Masyudi menambahkan, pihaknya juga terus melakukan pendataan terhadap manusia gerobak di wilayah Jakarta Timur. Hingga saat ini, sebanyak 31 manusia gerobak telah didata, dan sebagian besar berada di kuburan Cina, Kebon Nanas, Jatinegara.

"Kita harus konsultasi dulu dengan Kemensos terkait penanganan manusia gerobak di Jakarta Timur. Nanti akan diberikan arahan tindakan apa saja yang harus dilakukan pada mereka," tambahnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2638 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Anwar Tinjau Lokasi Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kramat Jati

    access_time29-09-2024 remove_red_eye2263 personNurito
  3. 21 Unit Pemadam Tangani Kebakaran di Gedung Bakamla RI

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1873 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Jakarta Entrepreneur Ikut Ramaikan Pameran Premiere Classe di Paris

    access_time29-09-2024 remove_red_eye1215 personAnita Karyati
  5. Penataan Kawasan di Jalan Bendi Besar Rampung

    access_time01-10-2024 remove_red_eye1149 personTiyo Surya Sakti