You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Ini Titik Rawan Genangan di Jakarta Utara
.
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Ini Titik Rawan Genangan di Jakarta Utara

Upaya meminimalisir genangan di Jakarta Utara terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara. Berdasarkan data, tahun 2015 tercatat sebanyak 91 titik rawan genangan yang tersebar di 31 kelurahan.

Dalam tiga bulan ini, kita melakukan pengurasan dan pengerukan. Baik saluran, gorong-gorong serta kali yang ada

Wali Kota Jakarta Utara, Rustam Effendi mengatakan, pihaknya memprediksi dari puluhan titik genangan tersebut, ketinggiannya hanya mencapai‎ 10 hingga 100 sentimeter.‎ "Kalau banjir mungkin tidak. Tapi kalau ada genangan, itu bisa terjadi tahun ini," katanya, Rabu (11/11).

Hal itu, lanjut Rustam, lantaran kinerja unit kerja perangkat daerah (UKPD) di bawah koordinasinya terus dipacu menekan angka genangan yang terjadi. "Dalam tiga bulan ini, kita melakukan pengurasan dan pengerukan. Baik saluran, gorong-gorong serta kali yang ada," ujarnya.

Banjir di Jakarta karena Oknum Perusak Lingkungan

Selain itu, kata Rustam, pihaknya akan memaksilkan pompa air yang ada saat ini untuk meminimalisir genangan. "Setiap hari kita cek keberadaan pompa itu, sehat atau tidak," ucapnya.

Menurut Rustam, pompa di Jakarta Utara mencapai 98 unit yang tersebar di 35 titik di enam kecamatan. Puluhan pompa tersebut dinilai telah memadai untuk mengatasi genangan bila curah hujan meningkat. "Saya sudah instruksikan, ada genangan, langsung hidupkan pompa supaya genangan jangan parah sehingga menjadi banjir," tuturnya.

Namun, tambah Rustam, pihaknya tetap membuat strategi khusus untuk menangtisipasi hal terburuk. Seperti, menyiapkan tempat pengungsian dan beberapa alat penunjang lainnya. "Ada tenda, dapur umum, bantuan makanan dan minuman serta selimut. Yang pasti, kalau ada hal terburuk, kita siap," ungkap Rustam.

Adapun titik rawan genangan di Jakarta Utara, di antaranya di Kecamatan Koja terdapat di Jalan Palem, Jalan Mangga, Jalan Walang Sari, Jalan Mindi, Jalan Bhayangkara, Jalan Kramat Jaya dan Jalan Plumpang Raya. Di Kecamatan Pademangan terdapat di ‎Jalan Pademangan Tengah, Jalan Pademangan I-XXII, Jalan Kampung Bandan, Jalan Hidup Baru, Jalan Ampera V-VII, Jalan Gunung Sahari Raya.

Kemudian, di Kecamatan Cilincing terdapat di Jalan Murai Raya, Jalan Swausaha, Jalan RE Martadinata, Jalan Enggano, Jalan Yos Sudarso, Jalan Gaya Motor I-III. Untuk Kecamatan Penjaringan terdapat di Jalan Kapuk Muara Raya, Jalan Kamal Muara, Jalan Pluit Raya, Jalan Pluit Timur, Jalan Luar Batang V, ‎Jalan Teluk Gong Raya, Jalan Kampung Gusti, Jalan Muara Angke, Jalan Jembatan Tiga, Jalan Tanah Pasir.

Selanjutnya, di Kecamatan Kelapa Gading terdapat Jalan Boulevard Kelapa Gading, Jalan Boulevard Timur, Jalan Boulevard Barat, Jalan Pegangsaan Dua, Jalan Raya Kelapa Nias, dan Jalan Perintis Kemerdekaan.


Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1228 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1157 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1129 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1105 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1061 personNurito