You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Proyek Sodetan Ciliwung Terhambat Pembebasan Lahan
.
photo doc - Beritajakarta.id

Proyek Sodetan Ciliwung Terhambat Pembebasan Lahan

Proyek sodetan Sungai Ciliwung yang dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) akan selesai 2017 mendatang. Lambannya pengerjaan karena banyak warga yang menguasai lahan milik negara.

Memang sedikit lamban karena mesin bor nggak bisa masuk dua sekaligus. Itu masalahnya cuma satu saja, sudah terlalu banyak orang menguasai lahan

"Sodetan baru selesai 2017. Memang sedikit lamban karena mesin bor nggak bisa masuk dua sekaligus. Itu masalahnya cuma satu saja, sudah terlalu banyak orang menguasai lahan," ujar Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta, Senin (16/11).

Basuki mengaku upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI membebaskan bantaran kali dan sungai dari penduduk memerlukan waktu. Mengingat, banyak warga yang sudah tinggal puluhan tahun lamanya di bantaran sungai. "Kalau kita mau geser orang, mereka bilang gini, sudah 70 tahun tinggal di situ," ucapnya.

Bangunan di Bantaran Kali Cipinang Dibongkar Pekan Ini

Menurut Basuki, akibat persoalan tersebut, banyak kali dan sungai yang tidak bisa dikeruk karena di kanan dan kiri bantaran sudah dipenuhi penduduk. Salah satunya di kawasan Cakung Green yang kondisinya telah penuh sesak dengan permukiman warga.

‎"Kita dari tahun lalu sama mulai tahun ini sudah keruk besar-besaran. Tapi itu masih ada banyak‎ pembangkangan. Alat berat gak kerja di atas 10 jam. Niatnya apa? Oknum Dinas Tata Air pengen pakai swasta, cuma buat ngaduk-ngaduk doang terus dapat duit," katanya.

Basuki berharap, di 2016 pejabat di Dinas Tata Air DKI semakin bersih dan tidak ada yang bermain dalam kasus alat berat seperti yang masih terjadi pada tahun ini. Sehingga proses normalisasi kali, sungai dan saluran dapat lebih maksimal untuk mengatasi persoalan banjir di Jakarta.

"Saya harap 2016 makin bersihlah, oknum yang gak mau kerjain alat berat, gak mau kerja," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Dinkes Gelar Serangkaian Acara Peringatan Hari Farmasi Sedunia

    access_time25-09-2024 remove_red_eye1202 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Transjakarta Adakan Bazar UMKM di Halte CSW

    access_time23-09-2024 remove_red_eye1020 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Pemprov DKI Telah Distribusikan 5.389 Paket Makan Bergizi Gratis

    access_time23-09-2024 remove_red_eye1010 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. 560 Satpol PP Jaktim Siap Bantu Amankan Pilkada DKI

    access_time27-09-2024 remove_red_eye897 personNurito
  5. Cuaca Jakarta Hari Ini Cerah Hingga Mendung

    access_time22-09-2024 remove_red_eye837 personTiyo Surya Sakti